Ketaren, Ari Mecky Prawira (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Passing Bawah dan Service Bawah Pada Permainan Bola Voli Kelas IV SD Negeri 106790 Sei Mencirim. Masters thesis, UNIMED.
8216117006_Cover.pdf
Download (42kB)
8216117006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (215kB)
8216117006_Abstrak.pdf
Download (141kB)
8216117006_Kata_Pengantar.pdf
Download (239kB)
8216117006_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
8216117006_Daftar_Tabel.pdf
Download (137kB)
8216117006_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
8216117006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
8216117006_BAB_I.pdf
Download (420kB)
8216117006_BAB_V.pdf
Download (261kB)
8216117006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (323kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan passing bawah dan service bawah pada permainan bola voli di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research And Development R&D). Hasil penelitian dalam tahap pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menunjukkan bahwa: (1) penilaian ahli materi berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,68, (2) penilaian ahli desain berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,66, (3) penilaianmedia I berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,57, (4) penilaian ahli media II berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,85. Multimedia pembelajaran interaktif sangat efektif meningkatkan hasil keterampilan siswa passing bawah dan service bawah. Hal ini dibuktikan bahwa rata-rata hasil keterampilan siswa pada saat melakukan passing bawah setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif adalah 63,00 dengan N-Gain
0,2 kategori rendah, sedangkan rata-rata hasil keterampilan siswa pada saat melakukan service bawah setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif adalah 66,00 dengan N-Gain 0,3 kategori sedang. Sedangkan hasil uji t passing bawah diperoleh nilai signifikannya lebih kecil dari 0,05. Setelah menganalisis data hasil penelitian, tes akhir menunjukkan sig (2-tailed) < 0,05 berarti hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Nilai signifikan passing bawah 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan dengan taraf signifikan 5%, kemudian nilai signifikan service bawah 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil keterampilan passing bawah dan service bawah setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif pada taraf signifikansi 5%. Implikasinya pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif dapat membantu meningkatkan hasil keterampilan siswa Ketika melakukan passing bawah dan service bawah. Hal ini membuktikan bahwa multimedia pembelajaran interaktif lebih efektif digunakan dan teruji kebenarannya dalam meningkatkan hasil keterampilan siswa dalam melakukan passing bawah dan service bawah serta meningkatkan hasil belajar siswa pada materi passing bawah dan service bawah di Kelas IV SD Negeri 106790 Sei
Mencirim.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 Ket p |
Keywords: | Multimedia Interaktif, Passing bawah, Service Bawah, Hasil Keterampilan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:39 |
Last Modified: | 28 May 2024 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57614 |