Shalsa, Adelia Mauritia (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SELF CONTROL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192451008_Cover.pdf
Download (44kB)
1192451008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (265kB)
1192451008_Abstrak.pdf
Download (153kB)
1192451008_Kata_Pengantar.pdf
Download (188kB)
1192451008_Daftar_Isi.pdf
Download (59kB)
1192451008_Daftar_Tabel.pdf
Download (152kB)
1192451008_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
1192451008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1192451008_BAB_I.pdf
Download (430kB)
1192451008_BAB_V.pdf
Download (60kB)
1192451008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (210kB)
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap self control pada siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan matching pretest-postest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 324 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 30 orang siswa yang dibagi kedalam dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang setiap kelompok terdiri dari 15 siswa. Uji asumsi meliputi uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov, uji normalitas dan uji homogenitas yang hasilnya menunjukkan bahwa sebaran variabel tergolong normal dan hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian homogen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Validitas dan realibitas instrumen diperoleh dengan product moment dan alpha croubach. Diperoleh reliabilitas instrumen penelitian sebesar = .814. Dari data hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol siswa kelas XI IPA SMA N 5 Medan, perbedaan peningkatan tersebut terlihat dari hasil perbedaan post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu P = 0,000 dengan mean 99,93 > 82,40. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan. Hal itu menunjukkan terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap self control pada siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok, Role Playing, Self Control |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:39 |
Last Modified: | 22 May 2024 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57613 |