PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS X

Turnip, Yossi Artanti (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311043_Cover.pdf] Text
4193311043_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4193311043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4193311043_Abstrak.pdf] Text
4193311043_Abstrak.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4193311043_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311043_Kata_Pengantar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4193311043_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311043_Daftar_Isi.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4193311043_BAB_I.pdf] Text
4193311043_BAB_I.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4193311043_BAB_V.pdf] Text
4193311043_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4193311043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (76kB)

Abstract

Guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, guru harus selalu melakukan inovasi pembelajaran. Salah satu cara melakukannya dengan menerapkan penggunaan modul pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas Modul pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan model PBL telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, serta (2) memperoleh peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Modul pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan model
PBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas X-IPA 5 SMA Negeri 7 Medan dan objek penelitian yaitu Modul pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan model PBL untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa SMA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan tes. Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kevalidan pada ahli materi sebesar 90,52% serta ahli media sebesar 91,75% dengan kategori sangat layak (SL), (2) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kepraktisan sebesar 86,80% pada kategori sangat praktis (3) Produk yang dikembangkan efektif sesuai
dengan (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara N-gain sebesar 0,711, (b) respon siswa positif, dan (c) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah pengaplikasian Modul pembelajaran berbasis digital dengan
menggunakan model PBL dari rata- rata nilai pretest sebesar 47 menjadi 84,71 pada rata-rata nilai posttest dan dari hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,711
dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Tur p
Keywords: Modul pembelajaran digital; Problem based learning; Berpikir kreatif; Bahan ajar; Sistem persamaan linear tiga variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 08:47
Last Modified: 22 May 2024 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57611

Actions (login required)

View Item
View Item