Turnip, Yossi Artanti (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311043_Cover.pdf
Download (76kB)
4193311043_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (119kB)
4193311043_Abstrak.pdf
Download (109kB)
4193311043_Kata_Pengantar.pdf
Download (184kB)
4193311043_Daftar_Isi.pdf
Download (142kB)
4193311043_BAB_I.pdf
Download (205kB)
4193311043_BAB_V.pdf
Download (127kB)
4193311043_Daftar_Pustaka.pdf
Download (76kB)
Abstract
Guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, guru harus selalu melakukan inovasi pembelajaran. Salah satu cara melakukannya dengan menerapkan penggunaan modul pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas Modul pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan model PBL telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, serta (2) memperoleh peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Modul pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan model
PBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas X-IPA 5 SMA Negeri 7 Medan dan objek penelitian yaitu Modul pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan model PBL untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa SMA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan tes. Hasil penelitian memaparkan bahwa: (1) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kevalidan pada ahli materi sebesar 90,52% serta ahli media sebesar 91,75% dengan kategori sangat layak (SL), (2) Produk yang dikembangkan telah mencukupi kriteria kepraktisan sebesar 86,80% pada kategori sangat praktis (3) Produk yang dikembangkan efektif sesuai
dengan (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara N-gain sebesar 0,711, (b) respon siswa positif, dan (c) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah pengaplikasian Modul pembelajaran berbasis digital dengan
menggunakan model PBL dari rata- rata nilai pretest sebesar 47 menjadi 84,71 pada rata-rata nilai posttest dan dari hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,711
dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Tur p |
Keywords: | Modul pembelajaran digital; Problem based learning; Berpikir kreatif; Bahan ajar; Sistem persamaan linear tiga variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:47 |
Last Modified: | 22 May 2024 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57611 |