Pengembangan Media Pop-up Book Berbasis Literasi Sains Tema Makanan Sehat untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Kisaran

Faridha, Antin (2023) Pengembangan Media Pop-up Book Berbasis Literasi Sains Tema Makanan Sehat untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Kisaran. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182020_Cover.pdf] Text
8216182020_Cover.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8216182020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8216182020_Abstrak.pdf] Text
8216182020_Abstrak.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of 8216182020_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182020_Kata_Pengantar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 8216182020_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182020_Daftar_Isi.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of 8216182020_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182020_Daftar_Tabel.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 8216182020_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182020_Daftar_Gambar.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 8216182020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 8216182020_BAB_I.pdf] Text
8216182020_BAB_I.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 8216182020_BAB_V.pdf] Text
8216182020_BAB_V.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 8216182020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book tema makanan sehat untuk meningkatkan hasil belajar belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kisaran. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 1 Kisaran sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi ahli, wawancara, tes dan angket. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian di SD Muhammadiyah 1 Kisaran menunjukkan bahwa media pop-up book berbasis literasi sains yang dikembangkan berada pada kategori valid dan layak digunakan. Hal ini dapat terlihat pada hasil: (1) validasi materi sebesar 95%, validasi media sebesar 96%, validasi literasi sains sebesar 92% dan validasi bahasa sebesar 91%; (2) Penggunaan media pop-up book berbasis literasi sains yang dikembangkan ditinjau dari respon peserta didik tergolong praktis dan memenuhi aspek keefektifan yang dilihat dari hasil pre test dan post test yang meningkat

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Far p
Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, pop-up book, mata pelajaran IPA, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 May 2024 08:25
Last Modified: 28 May 2024 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57609

Actions (login required)

View Item
View Item