Sianipar, Wahyu Anugerah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Undergraduate thesis, UNIMED.
4183311050_Cover.pdf
Download (63kB)
4183311050_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (166kB)
4183311050_Abstrak.pdf
Download (127kB)
4183311050_Kata_Pengantar.pdf
Download (185kB)
4183311050_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
4183311050_BAB_I.pdf
Download (224kB)
4183311050_BAB_V.pdf
Download (99kB)
4183311050_Daftar_Pustaka.pdf
Download (133kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model Problem Based Learning di kelas VIII-4 SMPN 2 Bandar Khalipah pada materi Barisan dan Deret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VIII-4 SMPN 2 Bandar Khalipah. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan hasil belajar matematika siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur dan mengamati kegiatan yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan hasil
belajar matematika siswa ialah 28,44 termasuk kategori kemampuan Sangat Kurang. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 10,00%. Pada siklus I, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan hasil belajar matematika siswa
ialah 74,06 termasuk kategori kemampuan Cukup. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 60,00%. Pada siklus II, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan hasil belajar matematika siswa ialah 80,94 termasuk kategori
kemampuan Baik. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 85,00%. Selain itu, proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning juga mengalami peningkatan. Dari hasil observasi, diperoleh bahwa nilai rata-rata proses pembelajaran siklus I ialah 2,71 termasuk kategori Baik, dan nilai rata-rata proses pembelajaran siklus II ialah 3,32 termasuk kategori Sangat Baik. Dengan adanya peningkatan tersebut, disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model problem based learning maka terjadi peningkatan terhadap kemampuan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-4 SMPN 2 Bandar Khalipah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sia p |
Keywords: | Hasil belajar; Problem based learning; Barisan; Deret |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:27 |
Last Modified: | 22 May 2024 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57607 |