PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Sianipar, Wahyu Anugerah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183311050_Cover.pdf] Text
4183311050_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4183311050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183311050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 4183311050_Abstrak.pdf] Text
4183311050_Abstrak.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4183311050_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183311050_Kata_Pengantar.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4183311050_Daftar_Isi.pdf] Text
4183311050_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4183311050_BAB_I.pdf] Text
4183311050_BAB_I.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4183311050_BAB_V.pdf] Text
4183311050_BAB_V.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4183311050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183311050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model Problem Based Learning di kelas VIII-4 SMPN 2 Bandar Khalipah pada materi Barisan dan Deret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VIII-4 SMPN 2 Bandar Khalipah. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan hasil belajar matematika siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur dan mengamati kegiatan yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan hasil
belajar matematika siswa ialah 28,44 termasuk kategori kemampuan Sangat Kurang. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 10,00%. Pada siklus I, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan hasil belajar matematika siswa
ialah 74,06 termasuk kategori kemampuan Cukup. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 60,00%. Pada siklus II, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan hasil belajar matematika siswa ialah 80,94 termasuk kategori
kemampuan Baik. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh ialah 85,00%. Selain itu, proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning juga mengalami peningkatan. Dari hasil observasi, diperoleh bahwa nilai rata-rata proses pembelajaran siklus I ialah 2,71 termasuk kategori Baik, dan nilai rata-rata proses pembelajaran siklus II ialah 3,32 termasuk kategori Sangat Baik. Dengan adanya peningkatan tersebut, disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model problem based learning maka terjadi peningkatan terhadap kemampuan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-4 SMPN 2 Bandar Khalipah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sia p
Keywords: Hasil belajar; Problem based learning; Barisan; Deret
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 08:27
Last Modified: 22 May 2024 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57607

Actions (login required)

View Item
View Item