Habiby, Fachrini (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113144013 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM 5113144013 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
3. NIM 5113144013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 5113144013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 5113144013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 5113144013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 5113144013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM 5113144013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 5113144013 BAB I.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
13. NIM 5113144013 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM 5113144013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar anatomi fisiologi siswa yang diajarkan dengan metode ceramah (2) mengetahui hasil belajar anatomi fisiologi siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran probing-prompting, dan (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar anatomi fisiologi pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pretes-postest. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 72 orang. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu metode pembelajaran probing-prompting (X), dan hasil belajar anatomi fisiologi (Y).
Berdasarkan hasil penelitian, Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran probing-prompting, diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 77,86, dibanding dengan kelas kontrol dengan rata-rata 64,81. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk postest diperoleh t hitung sebesar 5,848 dan t tabel sebesar 1,994 (dari tabel distribusi t). Sehingga diperoleh t hitung > t tabel (5,848 > 1,994), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan penerapan metode pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar anatomi fisiologi pada siswa kelas X Tata kecantikan SMK Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 RIAS 011 |
Keywords: | Metode Ceramah; Anatomi Fisiologi; Jenis Kulit |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 07:22 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5758 |