Wulandari (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BINJAI T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4183341045_Cover.pdf
Download (584kB)
4183341045_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (956kB)
4183341045_Abstrak.pdf
Download (337kB)
4183341045_Kata_Pengantar.pdf
Download (125kB)
4183341045_Daftar_Isi.pdf
Download (347kB)
4183341045_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
4183341045_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
4183341045_Daftar_Lampiran.pdf
Download (216kB)
4183341045_BAB_I.pdf
Download (556kB)
4183341045_BAB_V.pdf
Download (425kB)
4183341045_Daftar_Pustaka.pdf
Download (403kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement
Division pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMA Negeri
7 Binjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel
diperoleh sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI IPA-2 diambil melalui teknik simple
random sampling. Data penelitian diperoleh dari instrumen soal hasil belajar yang
terdiri atas pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh nilai hasil belajar
(posttest) siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student
Teams Achievement Division (STAD) yaitu rata-rata sebesar 86,71 dengan Standar
Deviasi (SD) 7,123. Sedangkan hasil pretest diperoleh dengan nilai rata-rata 53,66
Standar Deviasi (SD) yaitu 8,342 sehingga diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,72. Hal
ini membuktikan bahwa terdapat kenaikan hasil belajar dengan kategori tinggi
setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Division (STAD).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peredaran darah; Manusia; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 22 May 2024 04:37 |
Last Modified: | 22 May 2024 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57566 |