PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BINJAI T.P 2022/2023

Wulandari (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BINJAI T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4183341045_Cover.pdf] Text
4183341045_Cover.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of 4183341045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183341045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (956kB)
[thumbnail of 4183341045_Abstrak.pdf] Text
4183341045_Abstrak.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4183341045_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183341045_Kata_Pengantar.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 4183341045_Daftar_Isi.pdf] Text
4183341045_Daftar_Isi.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 4183341045_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183341045_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4183341045_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183341045_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4183341045_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183341045_Daftar_Lampiran.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4183341045_BAB_I.pdf] Text
4183341045_BAB_I.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 4183341045_BAB_V.pdf] Text
4183341045_BAB_V.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 4183341045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183341045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement
Division pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMA Negeri
7 Binjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel
diperoleh sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI IPA-2 diambil melalui teknik simple
random sampling. Data penelitian diperoleh dari instrumen soal hasil belajar yang
terdiri atas pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh nilai hasil belajar
(posttest) siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student
Teams Achievement Division (STAD) yaitu rata-rata sebesar 86,71 dengan Standar
Deviasi (SD) 7,123. Sedangkan hasil pretest diperoleh dengan nilai rata-rata 53,66
Standar Deviasi (SD) yaitu 8,342 sehingga diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,72. Hal
ini membuktikan bahwa terdapat kenaikan hasil belajar dengan kategori tinggi
setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peredaran darah; Manusia; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 22 May 2024 04:37
Last Modified: 22 May 2024 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57566

Actions (login required)

View Item
View Item