Amri, Khairunnisa (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Informasi Geografis Pada Kelas XI Program Keahlian Geomatika dan Geospasial SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163311015 COVER.pdf
Download (243kB)
2. NIM. 5163311015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (381kB)
3. NIM. 5163311015 ABSTRACT.pdf
Download (314kB)
4. NIM. 5163311015 PREFACE.pdf
Download (405kB)
5. NIM. 5163311015 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (208kB)
6. NIM. 5163311015 TABLES.pdf
Download (175kB)
7. NIM. 5163311015 ILLUSTRATION.pdf
Download (173kB)
8. NIM. 5163311015 APPENDICES.pdf
Download (175kB)
9. NIM. 5163311015 CHAPTER I.pdf
Download (716kB)
13. NIM. 5163311015 CHAPTER V.pdf
Download (312kB)
14. NIM. 5163311015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (349kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran sistem informasi geografis yang masih rendah dan belum tersedianya sumber belajar yaitu berupa modul pada proses pembelajaran kelas XI program keahlian geomatika dan geospasial di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui proses pengembangan modul pembelajaran yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem informasi geografis, 2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran sistem informasi geografis berdasarkan penilaian ahli media/modul, ahli materi, ahli bahasa, guru mata pelajaran dan siswa kelas XI program kehlian geomatika dan geospasial. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D) dengan model ADDIE meliputi tahapan analisis (Analyze), perancangan (Design), Pengembangan (Depelopment), implementasi (implementation), dan evaluasi (Evaluation). Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk menguji tingkat kelayakan modul melalui validasi dari ahli media/modul, ahli materi, ahli bahasa, guru mata pelajaran dan pengguna. Validasi yang dilakukan didapat hasil validasi kelayakan oleh ahli media/modul yaitu dengan kategori interpretasi “Sangat layak” dengan perolehan skor rata-rata “4,18”, ahli materi yaitu dengan kategori interpretasi “Sangat layak” dengan perolehan skor rata-rata “4,51”, ahli bahasa yaitu dengan kategori interpretasi “Sangat layak” dengan perolehan skor rata-rata “4,20” dan pengguna yaitu dengan kategori interpretasi “Sangat layak” dengan perolehan skor rata-rata “4,21”. Berdasarkan penilaian para ahli dan uji coba kepada pengguna maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran sistem informasi geografis yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Modul Pembelajaran; Research and Development (R&D); Sistem Informasi Geografis; ADDIE |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 May 2024 04:10 |
Last Modified: | 22 May 2024 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57553 |