Peran Guru PPKn Dalam Membina Kesadaran Moral Siswa Di SMA PGRI 20 Siborongborong Tahun Ajaran 2022/2023.

Panjaitan, Rama (2023) Peran Guru PPKn Dalam Membina Kesadaran Moral Siswa Di SMA PGRI 20 Siborongborong Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3181111017_Cover.pdf] Text
3181111017_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 3181111017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3181111017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 3181111017_Abstrak.pdf] Text
3181111017_Abstrak.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 3181111017_Kata_Pengantar.pdf] Text
3181111017_Kata_Pengantar.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 3181111017_Daftar_Isi.pdf] Text
3181111017_Daftar_Isi.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 3181111017_Daftar_Tabel.pdf] Text
3181111017_Daftar_Tabel.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 3181111017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3181111017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 3181111017_BAB_I.pdf] Text
3181111017_BAB_I.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 3181111017_BAB_V.pdf] Text
3181111017_BAB_V.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 3181111017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3181111017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam membina kesadaran moral siswa serta untuk mengetahui hambatan dan solusi yang di alami oleh guru PPKn di SMA PGRI 20 Siborongborong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 3 guru PPKn dan 6 orang siswa SMA PGRI 20 Siborongborong. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data ( display data) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam pembinaan moral yang dilakukan melalui peran guru dalam mengajar dan juga membina kesadaran moral siswa baik peran guru sebagai model, pembimbing, motivator, teladan, evaluator dan juga peran guru membina moral siswa melalui nilai religius, jujur, displin, kreatif, bertanggung jawab, toleransi di SMA PGRI 20 Siborongborong belum optimal. Meskipun guru sudah berusaha yaitu dengan mencontohkan keteladanan bagi peserta didik seperti datang tepat waktu di kelas, berpakaian sopan dan rapi, bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya, berdoa sebelum melakukan proses pembelajaran, membuat ibadah rohani setiap hari sabtu yang disebut bina mental namun siswa tersebut masih ada beberapa yang moralnya masih rendah. Peran guru sebagai motivasi juga masih kurang optimal peran guru sebagai motivasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa masih kurang optimal dimana seperti yang dipaparkan bahwasanya guru yang ada di sekolah tersebut kurang mempunyai strategi mengajar atau pendekatan pembelajaran lain yang dapat di sesuaikan dengan materi yang di ajarkan, kebanyakan mereka masih menggunakan pembelajaran yang tradisonal dalam melakukan proses belajar mengajar. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru PPKn dalam pembinaan kesadaran moral siswa yaitu ada dalam diri siswa yang belum sepenuhnya menanamkan dalam diri nilai ibadah, kejujuran, kedisiplinan, bertanggung jawab, toleransi. Upaya yang dilakukan guru PPkn dalam mengatasi hambatan yang ditemui adalah memberikan arahan, nasehat dan hukuman, membuat patroli di lingkungan sekolah yaitu dengan mengarahkan tim PKS, adanya ibadah bina mental. Menjalin hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua dan kerja sama guru PPKn dengan guru BK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peran Guru PPKn; Pembinaan Moral Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 23 May 2024 11:35
Last Modified: 23 May 2024 11:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57541

Actions (login required)

View Item
View Item