Daeli, Yaparno Famahato (2024) PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191131021_Cover.pdf
Download (50kB)
4191131021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (401kB)
4191131021_Abstrak.pdf
Download (96kB)
4191131021_Kata_Pengantar.pdf
Download (170kB)
4191131021_Daftar_Isi.pdf
Download (209kB)
4191131021_Daftar_Tabel.pdf
Download (66kB)
4191131021_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
4191131021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (154kB)
4191131021_BAB_I.pdf
Download (316kB)
4191131021_BAB_V.pdf
Download (90kB)
4191131021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (370kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media interaktif Articulate Storyline lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media PowerPoint serta untuk mengetahui korelasi antara hasil belajar dan minat belajar setelah diajarkan dengan penerapan media interaktif Articulate Storyline. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil TA 2023/2024 bulan November 2023 di SMA Negeri 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA yang terdiri dari 2 kelas yaitu X-3 dan X-9. Sampel kelas yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sampel jenuh dan sampel siswa diambil secara purposif sekitar 25 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Desain penelitian yang digunakan merupakan rancangan Pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan berganda terkait materi ikatan kimia dan instrumen non tes berbentuk angket minat belajar. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan dua kelompok sampel dan uji korelasi menggunakan rumus product moment. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rataan hasil belajar siswa dan rataan minat belajar siswa yang diajarkan dengan media interaktif Articulate Storyline lebih tinggi dari rataan hasil belajar siswa dan rataan minat belajar siswa yang diajarkan dengan dengan media PowerPoint. Selanjutnya diperoleh bahwa terdapat korelasi positif antara minat belajar dan hasil belajar siswa setelah diajarkan dengan media interaktif Articulate Storyline. Hasil kontribusi media Articulate Storyline terhadap hasil belajar dan minat belajar adalah 87%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Interaktif, Articulate Storyline, Hasil Belajar, Minat Belajar, Ikatan Kimia, Korelasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 03:02 |
Last Modified: | 22 May 2024 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57513 |