PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA

Daeli, Yaparno Famahato (2024) PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191131021_Cover.pdf] Text
4191131021_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4191131021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191131021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 4191131021_Abstrak.pdf] Text
4191131021_Abstrak.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 4191131021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191131021_Kata_Pengantar.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 4191131021_Daftar_Isi.pdf] Text
4191131021_Daftar_Isi.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4191131021_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191131021_Daftar_Tabel.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4191131021_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191131021_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4191131021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191131021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4191131021_BAB_I.pdf] Text
4191131021_BAB_I.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4191131021_BAB_V.pdf] Text
4191131021_BAB_V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4191131021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191131021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dan minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media interaktif Articulate Storyline lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media PowerPoint serta untuk mengetahui korelasi antara hasil belajar dan minat belajar setelah diajarkan dengan penerapan media interaktif Articulate Storyline. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil TA 2023/2024 bulan November 2023 di SMA Negeri 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA yang terdiri dari 2 kelas yaitu X-3 dan X-9. Sampel kelas yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sampel jenuh dan sampel siswa diambil secara purposif sekitar 25 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Desain penelitian yang digunakan merupakan rancangan Pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan berganda terkait materi ikatan kimia dan instrumen non tes berbentuk angket minat belajar. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan dua kelompok sampel dan uji korelasi menggunakan rumus product moment. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rataan hasil belajar siswa dan rataan minat belajar siswa yang diajarkan dengan media interaktif Articulate Storyline lebih tinggi dari rataan hasil belajar siswa dan rataan minat belajar siswa yang diajarkan dengan dengan media PowerPoint. Selanjutnya diperoleh bahwa terdapat korelasi positif antara minat belajar dan hasil belajar siswa setelah diajarkan dengan media interaktif Articulate Storyline. Hasil kontribusi media Articulate Storyline terhadap hasil belajar dan minat belajar adalah 87%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Interaktif, Articulate Storyline, Hasil Belajar, Minat Belajar, Ikatan Kimia, Korelasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 03:02
Last Modified: 22 May 2024 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57513

Actions (login required)

View Item
View Item