PENGARUH METODE KOOPERATIF TAI (TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 8 MEDAN

Musilawati (2016) PENGARUH METODE KOOPERATIF TAI (TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5112144004. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5112144004. COVER.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5112144004. APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5112144004. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (841kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5112144004. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5112144004. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5112144004. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5112144004. PREFACE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5112144004. TABLE OF CONENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5112144004. TABLE OF CONENT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5112144004. TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5112144004. TABLES.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5112144004. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5112144004. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5112144004. APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5112144004. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5112144004. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5112144004. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5112144004. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5112144004. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5112144004. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5112144004. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) dan gaya belajar terhadap hasil belajar perawatan kulit wajah manual di SMK Negeri 8 Medan. Lokasi penelitian di SMK Negeri 8 Medan, Jl. Doktor Mansyur, Medan Selayang, Sumatera Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparasi yang bertujuan untuk membandingkan 2 gaya belajar dengan metode pembelajaran yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 71 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik total sampling dimana kelas X TK1 dengan jumlah 33 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dan X TK2 dengan jumlah 38 siswa yang memiliki gaya belajar visual. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil perhitungan diperoleh hasil belajar perawatan kulit wajah secara manual pada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yang diajarkan dengan metode kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) dengan nilai rata-rata sebesar 78,67 dengan standar deviasi 7,43. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual sebesar 65,03 dengan standar deviasi 9,45. Dari hasil rata-rata tersebut dilakukan uji perbedaan antara hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan visual yang diajar dengan metode kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI). Dari hasil perhitungan uji t diperoleh harga thitung = 6,686. Jika dibandingkan dengan ttabel pada dk = 69 yaitu sebesar 1,995 maka nilai thitung > ttabel atau 6,686 > 1,995 artinya bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar perawatan kulit wajah manual di SMK Negeri 8 Medan teruji kebenarannya.
Dengan demikian, hasil belajar perawatan kulit wajah manual pada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yang diajar dengan metode kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 RIAS 006
Keywords: Perawatan Kulit Wajah; Kosmetik; Struktur Kulit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:21
Last Modified: 14 Jun 2016 06:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item
View Item