Harahap, Syntia Wulandari (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN POWER POINT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131032_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_Cover.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_Abstrak.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_Kata_Pengantar.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_Daftar_Isi.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_Daftar_Tabel.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_Daftar_Gambar.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_BAB_I.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_BAB_V.pdf
Download (8MB)
![[thumbnail of 4203131032_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa serta korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media video pembelajaran dan PowerPoint dengan model problem based learning pada materi laju reaksi. Metode penelitian ini adalah true eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 lubuk pakam dan Sampelnya adalah kelas XI J sebagai kelas eksperimen I dibelajarkan dengan media video pembelajaran dan kelas XI K sebagai kelas eksperimen II dibelajarkan dengan media PowerPoint yang diambil menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan media video pembelajaran dan PowerPoint dengan model problem based learning pada materi laju reaksi. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 89,67 dan kelas eksperimen II sebesar 85,33. Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen I sebesar 77,67 dan kelas eksperimen II sebesar 69,87. Terdapat korelasi positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan video pembelajaran sebesar 0,837 dengan katagori sangat tinggi dan menggunakan PowerPoint sebesar 0,796 dengan katagori tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Video Pembelajaran, PowerPoint, Hasil Belajar, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:44 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57499 |