PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN POWER POINT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI

Harahap, Syntia Wulandari (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN POWER POINT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131032_Cover.pdf] Text
4203131032_Cover.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_Abstrak.pdf] Text
4203131032_Abstrak.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131032_Kata_Pengantar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131032_Daftar_Isi.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131032_Daftar_Tabel.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131032_Daftar_Gambar.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_BAB_I.pdf] Text
4203131032_BAB_I.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_BAB_V.pdf] Text
4203131032_BAB_V.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa serta korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media video pembelajaran dan PowerPoint dengan model problem based learning pada materi laju reaksi. Metode penelitian ini adalah true eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 lubuk pakam dan Sampelnya adalah kelas XI J sebagai kelas eksperimen I dibelajarkan dengan media video pembelajaran dan kelas XI K sebagai kelas eksperimen II dibelajarkan dengan media PowerPoint yang diambil menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan media video pembelajaran dan PowerPoint dengan model problem based learning pada materi laju reaksi. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 89,67 dan kelas eksperimen II sebesar 85,33. Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen I sebesar 77,67 dan kelas eksperimen II sebesar 69,87. Terdapat korelasi positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan video pembelajaran sebesar 0,837 dengan katagori sangat tinggi dan menggunakan PowerPoint sebesar 0,796 dengan katagori tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Video Pembelajaran, PowerPoint, Hasil Belajar, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 02:44
Last Modified: 22 May 2024 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57499

Actions (login required)

View Item
View Item