Munthe, Surya Panangian (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ISPRING PRESENTER TERHADAP HOT LITERASI SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203331020_Cover.pdf
Download (60kB)
4203331020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4203331020_Abstrak.pdf
Download (121kB)
4203331020_Kata_Pengantar.pdf
Download (180kB)
4203331020_Daftar_Isi.pdf
Download (173kB)
4203331020_Daftar_Tabel.pdf
Download (93kB)
4203331020_Daftar_Gambar.pdf
Download (92kB)
4203331020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (191kB)
4203331020_BAB_I.pdf
Download (273kB)
4203331020_BAB_V.pdf
Download (95kB)
4203331020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (395kB)
Abstract
Literasi sains dalam kehidupan bermasyarakat adalah kompetensi yang sangat penting bagi siswa karena berkaitan dengan kemampuan mereka untuk menghubungkan masalah dalam sains dengan perspektif mereka sebagai warga negara. Salah satu konsekuensi logis dari kebutuhan profesionalisme guru dalam penyajian pembelajaran kimia adalah kemampuan guru untuk membuat strategi pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini. Transfer metode pembelajaran yang lama ke yang baru adalah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan HOTS literasi terjadi ketika model PBL diintegrasikan dengan media iSPring Presenter pada materi Laju Reaksi di kelas XI SMA. Penelitian juga akan menjelaskan elemen HOTS literasi yang paling berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi HOTS siswa meningkat melalui pembelajaran dengan model PBL dengan media iSpring Presenter, hal ini dibuktikan melalui uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (10,55 > 2,032245) dengan nilai N-gain sebesar 0,7639 (76,39 %)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model PBL; iSpring Presenter; HOTS literasi; Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:40 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57497 |