Pengaruh Model Problem Based Learning dan Kecerdasan Majemuk Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Siregar, Andil hotasi (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Kecerdasan Majemuk Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216175007_Cover.pdf] Text
8216175007_Cover.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 8216175007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216175007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 8216175007_Abstrak.pdf] Text
8216175007_Abstrak.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 8216175007_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216175007_Kata_Pengantar.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of 8216175007_Daftar_Isi.pdf] Text
8216175007_Daftar_Isi.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 8216175007_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216175007_Daftar_Tabel.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8216175007_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216175007_Daftar_Gambar.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 8216175007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216175007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 8216175007_BAB_I.pdf] Text
8216175007_BAB_I.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 8216175007_BAB_V.pdf] Text
8216175007_BAB_V.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 8216175007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216175007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan hasil belajar fisika menggunakan model Problem Based Learning dengan pembelajaran konvensional; 2) pengaruh kecerdasan majemuk terhadap kemampuan berpikir kritis; dan 3) interaksi model PBL dengan kecerdasan majemuk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Budi Murni 3 Medan tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel di kelas kontrol sebanyak 26 orang dan di kelas eksperimen sebanyak 29 orang. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes kecerdasan majemuk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis fisika yang signifikan antara peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis fisika yang signifikan antara peserta didik dengan kecerdasan majemuk logis matematis, visual spasial dan naturalistik; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan majemuk terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Sir p
Keywords: Model Problem Based Learning, Pembelajaran Konvensional, Kecerdasan Majemuk, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 May 2024 02:33
Last Modified: 22 May 2024 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57496

Actions (login required)

View Item
View Item