Siregar, Andil hotasi (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Kecerdasan Majemuk Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Masters thesis, UNIMED.
8216175007_Cover.pdf
Download (204kB)
8216175007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (432kB)
8216175007_Abstrak.pdf
Download (235kB)
8216175007_Kata_Pengantar.pdf
Download (544kB)
8216175007_Daftar_Isi.pdf
Download (364kB)
8216175007_Daftar_Tabel.pdf
Download (205kB)
8216175007_Daftar_Gambar.pdf
Download (302kB)
8216175007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (204kB)
8216175007_BAB_I.pdf
Download (650kB)
8216175007_BAB_V.pdf
Download (232kB)
8216175007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (571kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan hasil belajar fisika menggunakan model Problem Based Learning dengan pembelajaran konvensional; 2) pengaruh kecerdasan majemuk terhadap kemampuan berpikir kritis; dan 3) interaksi model PBL dengan kecerdasan majemuk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Budi Murni 3 Medan tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel di kelas kontrol sebanyak 26 orang dan di kelas eksperimen sebanyak 29 orang. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes kecerdasan majemuk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis fisika yang signifikan antara peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis fisika yang signifikan antara peserta didik dengan kecerdasan majemuk logis matematis, visual spasial dan naturalistik; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan majemuk terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Sir p |
Keywords: | Model Problem Based Learning, Pembelajaran Konvensional, Kecerdasan Majemuk, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:33 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57496 |