IMPLEMENTASI BAHAN AJAR BERBASISI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Siregar, Raudatul Hasanah (2024) IMPLEMENTASI BAHAN AJAR BERBASISI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131016_Cover.pdf] Text
4203131016_Cover.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_Abstrak.pdf] Text
4203131016_Abstrak.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131016_Kata_Pengantar.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131016_Daftar_Isi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131016_Daftar_Tabel.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131016_Daftar_Gambar.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_BAB_I.pdf] Text
4203131016_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_BAB_V.pdf] Text
4203131016_BAB_V.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 4203131016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil dan minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar modul elektronik berbasis Problem Based Learning dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar buku paket Kimia SMA serta mengetahui hubungan antara minat dengan peningkatan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI di SMA Negeri 14 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan desain pretest-posttest control group desaign. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes sebanyak 20 butir soal pilihan berganda dan 25 intrumen nontes yaitu berupa angket minat belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan dengan hasil penelitian diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,24>1,67 untuk peningkatan hasil belajar siswa dan untuk peningkatan minat belajar siswa diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,61>1,67. Artinya peningkatan hasil dan minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar modul elektronik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar buku paket Kimia SMA, serta diperoleh hubungan antara minat dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,764 dengan kontribusi 58,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: bahan ajar modul elektronik, model pembelajaran PBL, hasil belajar, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 02:21
Last Modified: 22 May 2024 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57489

Actions (login required)

View Item
View Item