Syahfitri, Novia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Video Wayang Kartun Dengan Bantua Aplikasi TikTok Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Siswa Kelas XI MAS PAB 2 Helvetia. Undergraduate thesis, UNIMED.
3191121003_Cover.pdf
Download (256kB)
3191121003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (638kB)
3191121003_Abstrak.pdf
Download (314kB)
3191121003_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
3191121003_Daftar_Isi.pdf
Download (264kB)
3191121003_Daftar_Gambar.pdf
Download (265kB)
3191121003_Daftar_Tabel.pdf
Download (235kB)
3191121003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
3191121003_BAB_I.pdf
Download (508kB)
3191121003_BAB_V.pdf
Download (401kB)
3191121003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (405kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui bagaimana kelayakan produk dari media pembelajaran sejarah berbasis video wayang kartun dengan bantuan TikTok pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia, 2) untuk mengetahui bagaimana efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis video wayang kartun dengan bantuan aplikasi TikTok pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu 1) Analisis Analisys, 2) Desain (Design, 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation, 5) Evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data menggunakan dengan penyebaran angket, terdapat tiga kategori angket yaitu 1) angket validasi kepada ahli materi, 2) angket validasi materi kepada ahli media, dan 3) angket evaluasi produk kepada siswa guna memperoleh penilian media yang akan di kembangkan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran sejarah berbasis wayang kartun layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah dengan perolehan persentase ahli materi 93,25% dan perolehan persentase ahli media 96,06%, perolehan persentase uji coba kelompok kecil sebesar 77,12%, perolehan persentase uji coba kelompok sedang sebesar 83,17%, dan respon siswa/I sebagai pengguna sebesar 94,16%, sehingga kelayakan media pembelajaran sejarah berbasis video wayang dengan bantuan aplikasi TikTok masuk dalam kategori “sangat layak”. Keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh berdasarkan hasil belajar siswa/I. Hasil belajar siswa yang menunjukkan 35 siswa/I lulus KKM dan 1 siswa/I tidak lulus KKM dengan persentase 97,33% dalam kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Wayang; Proklamasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:21 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57487 |