Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Video Wayang Kartun Dengan Bantua Aplikasi TikTok Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Siswa Kelas XI MAS PAB 2 Helvetia

Syahfitri, Novia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Video Wayang Kartun Dengan Bantua Aplikasi TikTok Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Siswa Kelas XI MAS PAB 2 Helvetia. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3191121003_Cover.pdf] Text
3191121003_Cover.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 3191121003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3191121003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of 3191121003_Abstrak.pdf] Text
3191121003_Abstrak.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 3191121003_Kata_Pengantar.pdf] Text
3191121003_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3191121003_Daftar_Isi.pdf] Text
3191121003_Daftar_Isi.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 3191121003_Daftar_Gambar.pdf] Text
3191121003_Daftar_Gambar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 3191121003_Daftar_Tabel.pdf] Text
3191121003_Daftar_Tabel.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 3191121003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3191121003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 3191121003_BAB_I.pdf] Text
3191121003_BAB_I.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 3191121003_BAB_V.pdf] Text
3191121003_BAB_V.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 3191121003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3191121003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui bagaimana kelayakan produk dari media pembelajaran sejarah berbasis video wayang kartun dengan bantuan TikTok pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia, 2) untuk mengetahui bagaimana efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis video wayang kartun dengan bantuan aplikasi TikTok pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu 1) Analisis Analisys, 2) Desain (Design, 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation, 5) Evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data menggunakan dengan penyebaran angket, terdapat tiga kategori angket yaitu 1) angket validasi kepada ahli materi, 2) angket validasi materi kepada ahli media, dan 3) angket evaluasi produk kepada siswa guna memperoleh penilian media yang akan di kembangkan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran sejarah berbasis wayang kartun layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah dengan perolehan persentase ahli materi 93,25% dan perolehan persentase ahli media 96,06%, perolehan persentase uji coba kelompok kecil sebesar 77,12%, perolehan persentase uji coba kelompok sedang sebesar 83,17%, dan respon siswa/I sebagai pengguna sebesar 94,16%, sehingga kelayakan media pembelajaran sejarah berbasis video wayang dengan bantuan aplikasi TikTok masuk dalam kategori “sangat layak”. Keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh berdasarkan hasil belajar siswa/I. Hasil belajar siswa yang menunjukkan 35 siswa/I lulus KKM dan 1 siswa/I tidak lulus KKM dengan persentase 97,33% dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Wayang; Proklamasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 22 May 2024 02:21
Last Modified: 22 May 2024 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57487

Actions (login required)

View Item
View Item