Sagala, Aisyah Fitri Hidayani (2023) Pengembangan Media Truth or dare Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 11 Medan. Masters thesis, UNIMED.
8206172023_Cover.pdf
Download (50kB)
8206172023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (309kB)
8206172023_Abstrak.pdf
Download (521kB)
8206172023_Kata_Pengantar.pdf
Download (200kB)
8206172023_Daftar_Isi.pdf
Download (92kB)
8206172023_Daftar_Tabel.pdf
Download (87kB)
8206172023_Daftar_Gambar.pdf
Download (60kB)
8206172023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
8206172023_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8206172023_BAB_V.pdf
Download (366kB)
8206172023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (336kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan media truth or dare berbasis model problem based learning yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan motivasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 11 Medan; 2) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir logis siswa di SMA Negeri 11 Medan setelah menggunakan media truth or dare berbasis model problem based learning; 3) menganalisis peningkatan motivasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 11 Medan setelah menggunakan media truth or dare berbasis model problem based learning; 4) menemukan media truth or dare berbasis model problem based learning yang praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan motivasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 11 Medan; 5) menemukan media truth or dare berbasis model problem based learning yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan motivasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media truth or dare berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan motivasi belajar matematika siswa yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid dengan kriteria “tinggi”; 2) peningkatan kemampuan berpikir logis menggunakan media truth or dare berbasis model problem based learning yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,37 dalam kategori sedang kemudian meningkat menjadi 0,62 pada uji coba II; 3) peningkatan motivasi belajar matematika siswa menggunakan media Truth or dare berbasis model problem based learning yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,38 dalam kategori sedang meningkat menjadi 0,47 pada uji coba II; 4) media truth or dare berbasis model problem based learning yang dikembangkan dinyatakan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan motivasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 11 Medan; 5) media truth or dare berbasis model problem based learning yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan motivasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 11.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sag p |
Keywords: | Pengembangan Media, Truth Or Dare,Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Logis, Motivasi Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:18 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57484 |