PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA N 1 ONAN GANJANG T.P. 2023/2024

Simanullang, Megawaty (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA N 1 ONAN GANJANG T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4183141058_Cover.pdf] Text
4183141058_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141058_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183141058_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of 4183141058_Abstrak.pdf] Text
4183141058_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141058_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183141058_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141058_Daftar_Isi.pdf] Text
4183141058_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141058_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183141058_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141058_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183141058_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141058_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183141058_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141058_BAB_I.pdf] Text
4183141058_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141058_BAB_V.pdf] Text
4183141058_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141058_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183141058_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 1 Onan Ganjang T.P 2023/2024 yang layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, penilaian guru dan tanggapan peserta didik. LKPD dikembangkan dengan model pengembangan 4D Thiagarajan (define, design, develop dan disseminate). Hasil penelitian ini menunjukkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati yang dikembangkan layak di SMA Negeri 1 Onan Ganjang. Hal ini dapat dilihat dari presentase rata-rata yang diperoleh dari validator ahli sebesar 98% dengan kategori sangat layak, validator ahli pembelajaran sebesar 92% dengan kategori sangat layak, validator ahli desain sebesar 94%, guru bidang studi biologi sebesar 98% dengan kategori sangat layak. Uji coba perorangan mendapat hasil sebesar 93% dengan kategori baik, kelompok kecil mendapat hasil sebesar 94 % dengan kategori baik, dan kelompok terbatas mendapat hasil sebesar 96 % dengan kategori baik. N-gain hasil belajar peserta didik memperoleh nilai sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keanekaragaman hayati; Penilaian guru; Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 22 May 2024 02:10
Last Modified: 22 May 2024 02:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57477

Actions (login required)

View Item
View Item