Br. Damanik, Nova Uli (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193331021_Cover.pdf
Download (54kB)
4193331021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (411kB)
4193331021_Abstrak.pdf
Download (121kB)
4193331021_Kata_Pengantar.pdf
Download (271kB)
4193331021_Daftar_Isi.pdf
Download (189kB)
4193331021_Daftar_Tabel.pdf
Download (91kB)
4193331021_Daftar_Gambar.pdf
Download (88kB)
4193331021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (121kB)
4193331021_BAB_I.pdf
Download (311kB)
4193331021_BAB_V.pdf
Download (116kB)
4193331021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (273kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas, hasil belajar dan korelasi antara aktivitas dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan e-modul kelas X SMA pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri Rantauprapat yang berjumlah 6 kelas dengan total 216 siswa yang diambil dengan teknik random sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah diujicobakan dan telah valid. Data yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat nilai hasil belajar thitung =9,714 dan ttabel = 1,66, aktivitas diperoleh thitung = 6,069 dan ttabel = 1,66. Dimana thitung>ttabel bahwa Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan e-modul kelas X SMA pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui korelasi signifikan antara aktivitas dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung > rtabel ( 0,929 > 0,329) maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat korelasi korelasi signifikan antara aktivitas dengan hasil belajar siswa berbantuan e-modul kelas X SMA pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning. E-modul, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:03 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57475 |