PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Br. Damanik, Nova Uli (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193331021_Cover.pdf] Text
4193331021_Cover.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 4193331021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193331021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 4193331021_Abstrak.pdf] Text
4193331021_Abstrak.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4193331021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193331021_Kata_Pengantar.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4193331021_Daftar_Isi.pdf] Text
4193331021_Daftar_Isi.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4193331021_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193331021_Daftar_Tabel.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4193331021_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193331021_Daftar_Gambar.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4193331021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193331021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4193331021_BAB_I.pdf] Text
4193331021_BAB_I.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 4193331021_BAB_V.pdf] Text
4193331021_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4193331021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193331021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas, hasil belajar dan korelasi antara aktivitas dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan e-modul kelas X SMA pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri Rantauprapat yang berjumlah 6 kelas dengan total 216 siswa yang diambil dengan teknik random sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah diujicobakan dan telah valid. Data yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat nilai hasil belajar thitung =9,714 dan ttabel = 1,66, aktivitas diperoleh thitung = 6,069 dan ttabel = 1,66. Dimana thitung>ttabel bahwa Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan e-modul kelas X SMA pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui korelasi signifikan antara aktivitas dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung > rtabel ( 0,929 > 0,329) maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat korelasi korelasi signifikan antara aktivitas dengan hasil belajar siswa berbantuan e-modul kelas X SMA pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning. E-modul, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 02:03
Last Modified: 22 May 2024 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57475

Actions (login required)

View Item
View Item