PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 18 MEDANT.P. 2022/2023

Purba, Maria Gregoryance (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 18 MEDANT.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192441012_Cover.pdf] Text
4192441012_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4192441012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192441012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 4192441012_Abstrak.pdf] Text
4192441012_Abstrak.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4192441012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192441012_Kata_Pengantar.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4192441012_Daftar_Isi.pdf] Text
4192441012_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4192441012_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192441012_Daftar_Gambar.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4192441012_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192441012_Daftar_Tabel.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4192441012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192441012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4192441012_BAB_I.pdf] Text
4192441012_BAB_I.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4192441012_BAB_V.pdf] Text
4192441012_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4192441012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192441012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 18 Medan T.P 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan menggunakan desain penelitian two group pretest – posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA sebanyak 102 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 68 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan lembar observasi. Teknik pengolahan data menggunakan uji statistik dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar dan keaktifan siswa pada kelas yang diajar menggunakan model Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajar dengan model konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh bahwa signifikansi data 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 18 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Keaktifan siswa; Materi ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 22 May 2024 02:03
Last Modified: 22 May 2024 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57474

Actions (login required)

View Item
View Item