-, Wella (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Siswa Kelas X Tata Busana SMK Swasta Setia Budi Binjai Tahun 2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5171143016 COVER.pdf
Download (288kB)
2. NIM 5171143016 APPROVAL SHEET.pdf
Download (641kB)
3. NIM 5171143016 ASBTARCT.pdf
Download (442kB)
4. NIM 5171143016 PREFACE.pdf
Download (477kB)
5. NIM 5171143016 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (324kB)
6. NIM 5171143016 TABLES.pdf
Download (324kB)
7. NIM 5171143016 ILLUSTRATION.pdf
Download (326kB)
8. NIM 5171143016 APPENDICES.pdf
Download (271kB)
9. NIM 5171143016 CHAPTER I.pdf
Download (953kB)
13. NIM 5171143016 CHAPTER V.pdf
Download (489kB)
14. NIM 5171143016 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (545kB)
Abstract
Pada mata pelajaran dasar desain terdapat materi teori warna pada desain yang masih sulit dipahami oleh siswa seperti mengelompokan warna dan cara mencampur warna. Hal ini membuat guru terus berupaya menjelaskan kembali materi secara berulang-ulang. Namun mengingat waktu pembelajaran yang terbatas jika dibandingkan volume materi yang harus diselesaikan. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang dapat mendukung siswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) yang layak digunakan pada mata pelajaran dasar desain siswa kelas X Tata Busana SMK Swasta Setia Budi Binjai Tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan pengembangan model Dick & Carey. Terdapat 10 langkah pengembangan yaitu: 1) identifikasi tujuan pembelajaran, 2) analisis instruksional, 3) mengidentifikasi karakteristik siswa, 4) merumuskan tujuan pembelajaran, 5) mengembangkan instrument penilaian, 6) mengembangkan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, 8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif, 9) revisi, 10) evaluasi sumatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X Tata Busana SMK Swasta Setia Budi Binjai sebanyak 30 siswa. Objek penelitian yaitu Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Pada Mata Pelajaran Dasar Desain pada materi teori warna pada desain. Instrumen data yang digunakan yaitu angket dengan menggunakan skala likert untuk penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Pada Mata Pelajaran Dasar Desain dinyatakan layak sebagai media pembelajaran. Rata-rata skor penilaian dari ahli materi adalah 94,26% dalam kategori “sangat baik”, dan penilaian dari ahli media adalah 89,2% dalam kategori “baik”, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 81,06% dalam kategori “baik”, uji coba kelompok sedang memperoleh persentase 89,85% dalam kategori “baik”, dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase 96,26% dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan keseluruhan hasil persentase penilaian kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dasar desain termasuk dalam kategori layak. Sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran dasar desain di SMK Swasta Setia Budi Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; E-LKPD; Mata Pelajaran Dasar Desain |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:05 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57473 |