Purba, Menti Irawanti (2024) ANALISIS HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS LITERASI SAINS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131073_Cover.pdf
Download (243kB)
4203131073_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (397kB)
4203131073_Abstrak.pdf
Download (385kB)
4203131073_Kata_Pengantar.pdf
Download (86kB)
4203131073_Daftar_Isi.pdf
Download (266kB)
4203131073_Daftar_Tabel.pdf
Download (238kB)
4203131073_Daftar_Gambar.pdf
Download (239kB)
4203131073_Daftar_Lampiran.pdf
Download (265kB)
4203131073_BAB_I.pdf
Download (619kB)
4203131073_BAB_V.pdf
Download (240kB)
4203131073_Daftar_Pustaka.pdf
Download (657kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih baik daripada Discovery Learning dalam meningkatkan aktivitas literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjumlah 29 siswa dan kelas eskperimen II yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning berjumlah 27 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Inkuiri Terbimbing (80,69) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning (74,63) dan rata-rata aktivitas literasi sains siswa menggunakan Inkuiri Terbimbing (79,15) lebih tinggi dari rata-rata menggunakan model Discovery Learning (73,72). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,34 > 1,675) untuk aktivitas literasi sains siswa dan thitung > ttabel (2,49 > 1,675) untuk hasil belajar siswa sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂) diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih baik daripada Discovery Learning dalam meningkatkan aktivitas literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Aktivitas literasi sains, Discovery Learning, Inkuiri Terbimbing, Laju reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:58 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57471 |