ANALISIS HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS LITERASI SAINS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI

Purba, Menti Irawanti (2024) ANALISIS HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS LITERASI SAINS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131073_Cover.pdf] Text
4203131073_Cover.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 4203131073_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131073_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 4203131073_Abstrak.pdf] Text
4203131073_Abstrak.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 4203131073_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131073_Kata_Pengantar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4203131073_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131073_Daftar_Isi.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4203131073_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131073_Daftar_Tabel.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4203131073_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131073_Daftar_Gambar.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4203131073_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131073_Daftar_Lampiran.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4203131073_BAB_I.pdf] Text
4203131073_BAB_I.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of 4203131073_BAB_V.pdf] Text
4203131073_BAB_V.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4203131073_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131073_Daftar_Pustaka.pdf

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih baik daripada Discovery Learning dalam meningkatkan aktivitas literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjumlah 29 siswa dan kelas eskperimen II yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning berjumlah 27 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Inkuiri Terbimbing (80,69) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning (74,63) dan rata-rata aktivitas literasi sains siswa menggunakan Inkuiri Terbimbing (79,15) lebih tinggi dari rata-rata menggunakan model Discovery Learning (73,72). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pihak kanan dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,34 > 1,675) untuk aktivitas literasi sains siswa dan thitung > ttabel (2,49 > 1,675) untuk hasil belajar siswa sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂) diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih baik daripada Discovery Learning dalam meningkatkan aktivitas literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas literasi sains, Discovery Learning, Inkuiri Terbimbing, Laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 01:58
Last Modified: 22 May 2024 01:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57471

Actions (login required)

View Item
View Item