Simalango, Meilin (2024) INOVASI SUMBER BELAJAR BERBASIS PROYEK UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PENGAJARAN DASAR KROMATOGRAFI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193331026_Cover.pdf
Download (107kB)
4193331026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (287kB)
4193331026_Abstrak.pdf
Download (128kB)
4193331026_Kata_Pengantar.pdf
Download (205kB)
4193331026_Daftar_Isi.pdf
Download (230kB)
4193331026_Daftar_Tabel.pdf
Download (178kB)
4193331026_Daftar_Gambar.pdf
Download (165kB)
4193331026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (117kB)
4193331026_BAB_I.pdf
Download (320kB)
4193331026_BAB_V.pdf
Download (129kB)
4193331026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (337kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar inovatif berbasis projek berupa E-LKM pada pokok bahasan Kromatografi sehingga dapat diketahui efektifitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan alur pengembangan model ADDIE dengan 3 siklus tahap implementasi. Hasil pengembangan menunjukkan E-LKM berbasis projek memiliki rata-rata total kelayakan standar BSNP = 3,85 dengan kriteria sangat layak dan skor N-gain = 0,72 persentase 72 % bahwa unjuk kerja E-LKM berbasis projek berefektivitas tinggi. Uji coba di lapangan, siklus I (perancangan projek) diperoleh M1= 86,5, siklus II (pelaksanaan projek) diperoleh M2 = 90,5, dan siklus III (pelporan projek) diperoleh M3 = 93,03. Sehingga tampak bahwa terjadi peningkatan rata- rata skor M4 > M3 > M1 yang menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan mahasiswa pada proses pengajaran Kromatografi. Berdasarkan hasil pretest dan post-test diperoleh dari kelas ekperimen dan kontrol, Pretes Xkontrol= 45,28 dan Posttesat Xkontrol = 66,28 dan Pretes Xeksp=58,28 dan Posttest Xeksp= 86,61, sehingga hasil uji hipotesis menunjukkan |Thitung| > Ttabel yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan sumber belajar inovatif berbasis projek hasil pengembangan. Berdasarkan hasil perhitungan terhadap korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar mahasiswa diperoleh rxy hitung = 0,823 dengan r xy tabel = 0,468 sehingga rxy hitung > r xy tabel, H0 ditolak, Ha diterima dengan tingkat korelasi positif. dengan kesimpulan ada korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan sumber belajar bebasis projek pada pengajaran kromatografi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sumber Belajar Inovatif, E-LKM, PjBL, Kemampuan Berpikir Kritis, Kromatografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:54 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57468 |