PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Nababan, Haryati (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193131041_Cover.pdf] Text
4193131041_Cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 4193131041_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193131041_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 4193131041_Abstrak.pdf] Text
4193131041_Abstrak.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 4193131041_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193131041_Kata_Pengantar.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 4193131041_Daftar_Isi.pdf] Text
4193131041_Daftar_Isi.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 4193131041_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193131041_Daftar_Tabel.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 4193131041_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193131041_Daftar_Gambar.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 4193131041_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193131041_Daftar_Lampiran.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4193131041_BAB_I.pdf] Text
4193131041_BAB_I.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 4193131041_BAB_V.pdf] Text
4193131041_BAB_V.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4193131041_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193131041_Daftar_Pustaka.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar yang diterapkan dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis Literasi Sains lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada Materi larutan Penyangga. Populasi penelitianya itu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Guided Discovery Learning berbasis literasi sains dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung>ttabel (10,51 > 1.667) maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis literasi sains terhadap hasil belajar. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui hubungan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabel (0,867>0.329) maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat korelasi yang signifikan antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Guided Discovery Learning berbasis literasi sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guided Discovery Learning, Literasi Sains, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Larutan Penyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 01:47
Last Modified: 22 May 2024 01:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57465

Actions (login required)

View Item
View Item