ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS X SMA

Situmorang, Shopia Burju (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111049_Cover.pdf] Text
4191111049_Cover.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4191111049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4191111049_Abstrak.pdf] Text
4191111049_Abstrak.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 4191111049_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111049_Kata_Pengantar.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 4191111049_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111049_Daftar_Isi.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of 4191111049_BAB_I.pdf] Text
4191111049_BAB_I.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 4191111049_BAB_V.pdf] Text
4191111049_BAB_V.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 4191111049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematika berbentuk cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur Newman dan untuk mengetahui hubungan tipe kesalahan dengan hasil tipe siswa tiap kategorinya, serta faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur Newman. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 subjek yang terdiri dari 2 kelompok tinggi, 2 kelompok sedang, dan 2 kelompok rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek mengalami kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai jenis kesalahan yakni kesalahan memahami masalah sebanyak 78 kali dengan persentase 38,24%, kesalahan transformasi masalahan sebanyak 17 kali dengan persentase 8,33%, kesalahan keterampilan proses sebanyak 56 kali dengan 27,45%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 53 kali dengan 25,98%. (2) terdapat hubungan antara tipe kesalahan dengan hasil tipe siswa pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. (3) beberapa faktor penyebab terjadinya kesalahan yaitu motivasi belajar, model pengajaran guru, kepercayaan diri, waktu yang dihabiskan dalam mengerjakan soal, dan lingkungan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sit a
Keywords: Analisis kesalahan; Masalah matematika; Prosedur Newman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 02:39
Last Modified: 22 May 2024 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57443

Actions (login required)

View Item
View Item