Br Barus, Evelyn Mine Angelina (2024) PENGARUH BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131047_Cover.pdf
Download (195kB)
4203131047_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (94kB)
4203131047_Abstrak.pdf
Download (61kB)
4203131047_Kata_Pengantar.pdf
Download (183kB)
4203131047_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
4203131047_Daftar_Tabel.pdf
Download (58kB)
4203131047_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
4203131047_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
4203131047_BAB_I.pdf
Download (337kB)
4203131047_BAB_V.pdf
Download (33kB)
4203131047_Daftar_Pustaka.pdf
Download (372kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dan spiritualitas yang dibelajarkan dengan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Pancur Batu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pancur Batu yaitu sebanyak 7 kelas. Sampel yang dipilih yaitu sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI MIA 3 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu dengan menggunakan bahan ajar terintegrasi laju reaksi dengan model Problem Based Learning dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan yaitu dengan menggunakan bahan ajar buku paket kimia SMA dengan model Problem Based Learning. Instrumen tes berupa tes objektif pilihan berganda sebanyak 20 soal. Uji prasyarat normalitas dan homogenitas menunjukkan data pretest dan posttest pada kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Pada uji hipotesis menggunakan (1) Independent Sampel T-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,00 < 0,05, sehingga Ha diterima yang menunjukkan adanya pengaruh pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan (2) Paired Sampel T-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,00 < 0,05, sehingga Ha diterima yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan spiritualitas siswa sebelum dan sesudah penerapan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual (3) Correlation dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,00 < 0,05, sehingga Ha diterima yang menunjukkan adanya korelasi dengan kriteria sangat tinggi antara spiritualitas terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual, Laju Reaksi, Problem Based Learning, Spiritualitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:05 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57440 |