PENGARUH BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANCUR BATU

Br Barus, Evelyn Mine Angelina (2024) PENGARUH BAHAN AJAR TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131047_Cover.pdf] Text
4203131047_Cover.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4203131047_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131047_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4203131047_Abstrak.pdf] Text
4203131047_Abstrak.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4203131047_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131047_Kata_Pengantar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4203131047_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131047_Daftar_Isi.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4203131047_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131047_Daftar_Tabel.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4203131047_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131047_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 4203131047_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131047_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4203131047_BAB_I.pdf] Text
4203131047_BAB_I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4203131047_BAB_V.pdf] Text
4203131047_BAB_V.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4203131047_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131047_Daftar_Pustaka.pdf

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dan spiritualitas yang dibelajarkan dengan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Pancur Batu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pancur Batu yaitu sebanyak 7 kelas. Sampel yang dipilih yaitu sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI MIA 3 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu dengan menggunakan bahan ajar terintegrasi laju reaksi dengan model Problem Based Learning dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan yaitu dengan menggunakan bahan ajar buku paket kimia SMA dengan model Problem Based Learning. Instrumen tes berupa tes objektif pilihan berganda sebanyak 20 soal. Uji prasyarat normalitas dan homogenitas menunjukkan data pretest dan posttest pada kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Pada uji hipotesis menggunakan (1) Independent Sampel T-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,00 < 0,05, sehingga Ha diterima yang menunjukkan adanya pengaruh pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan (2) Paired Sampel T-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,00 < 0,05, sehingga Ha diterima yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan spiritualitas siswa sebelum dan sesudah penerapan bahan ajar terintegrasi nilai spiritual (3) Correlation dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil sig.(2-tailed) < 0,05 atau 0,00 < 0,05, sehingga Ha diterima yang menunjukkan adanya korelasi dengan kriteria sangat tinggi antara spiritualitas terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bahan ajar kimia terintegrasi nilai spiritual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual, Laju Reaksi, Problem Based Learning, Spiritualitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 01:05
Last Modified: 22 May 2024 01:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57440

Actions (login required)

View Item
View Item