Sitompul, Uswatun Hasanah (2023) Penerapan Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Di Kelas XI IPA 10 MAN 2 Model Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183351026 COVER.pdf
Download (81kB)
2. NIM 1183351026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. NIM 1183351026 ABSTRACT.pdf
Download (184kB)
4. NIM 1183351026 PREFACE.pdf
Download (266kB)
5. NIM 1183351026 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (120kB)
6. NIM 1183351026 LIST OF TABLES.pdf
Download (111kB)
7. NIM 1183351026 LIST OF PICTURES.pdf
Download (83kB)
8. NIM 1183351026 CHAPTER I.pdf
Download (535kB)
12. NIM 1183351026 CHAPTER V.pdf
Download (143kB)
13. NIM 1183351026 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (309kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling kelompok teknik asertif training dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPA 10 MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) dengan bentuk penelitian tindakan dalam bimbingan konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 10 MAN 2 Model Medan yang berjumlah 8 orang siswa yang memiliki tingkat skor kemampuan komunikasi interpersonal dengan kategori rendah yang diperoleh dengan cara screening (penyaringan). Data penelitian dikumpulkan
dengan angket kemampuan komunikasi interpersonal berjumlah 41 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis secara deskriptif dengan cara membandingkan persentase yang dicapai sebelum dan sesudah dilaksanakan
konseling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebelum diberi konseling kelompok teknik asertif training tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa rata-rata sebesar 41,23% dalam
kategori rendah. Setelah diberikan konseling kelompok teknik asertif training pada siklus I peningkatan skor rata-rata tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa menjadi 72,03% dalam kategori sedang dengan pencapain
keberhasilan sebesar 62,5% dan pada siklus II peningkatan skor rata-rata tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa menjadi 86,12% dalam kategori tinggi dengan pencapain keberhasilan sebesar 100%. Sehingga terjadi peningkatan
kemampuan komunikasi interpersonal yang signifikan setelah dilaksanakan konseling kelompok teknik asertif training pada siswa kelas XI IPA 10 MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok, Asertif Training, Kemampuan Komunikasi Interpersonal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:33 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57439 |