Sinaga, Loriska Meliana (2023) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193341003_Cover.pdf
Download (131kB)
4193341003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (536kB)
4193341003_Abstrak.pdf
Download (264kB)
4193341003_Kata_Pengantar.pdf
Download (235kB)
4193341003_Daftar_Isi.pdf
Download (797kB)
4193341003_Daftar_Gambar.pdf
Download (254kB)
4193341003_Daftar_Tabel.pdf
Download (236kB)
4193341003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
4193341003_BAB_I.pdf
Download (350kB)
4193341003_BAB_V.pdf
Download (203kB)
4193341003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (289kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran LKPD Elektronik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi sistem pertahanan tubuh di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kabanjahe. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kabanjahe yang berjumlah 33 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa, lembar kerja peserta didik, instrument tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menurut validator oleh para ahli yaitu ahli materi persenase skor rata – rata sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak, ahli pembelajaran persenase skor rata – rata sebesar 91,67% dengan kategori sangat layak, dan ahli desain persenase skor rata – rata sebesar 77,81% dengan kategori layak. Respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran LKPD Elektronik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning tergolong sangat baik dengan persenase skor rata – rata sebesar 91,67% dan 90,8%. Hasil belajar siswa meningkat setelah penggunaan E-LKPD dengan rata – rata N-gain score sebesar 0,73 yang menunjukkan kriteria tinggi sehingga cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; Pertahanan tubuh; Media elektronik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:48 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57428 |