PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Damanik, Roy Nanda (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111035_Cover.pdf] Text
4191111035_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4191111035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4191111035_Abstrak.pdf] Text
4191111035_Abstrak.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4191111035_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111035_Kata_Pengantar.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4191111035_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111035_Daftar_Isi.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4191111035_BAB_I.pdf] Text
4191111035_BAB_I.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4191111035_BAB_V.pdf] Text
4191111035_BAB_V.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4191111035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (143kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Geogebra. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan menggunakan geogebra sebagai bantuan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII berjumlah 29 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dalam pembelajaran dan 1 pertemuan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa dan mengukur respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep meningkat setelah dilaksanakannya pembelajaran model think pair share (TPS) berbantuan geogebra. Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang dapat diamati dari data rata-rata peserta didik sebelum diberikan tindakan, yaitu sebesar 29,3 yang dikategorikan sebagai sangat rendah, dengan ketuntasan klasikal mencapai 0%. Namun, setelah diberikan tindakan pertama, rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 75,12 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 72,41%. Pada tindakan kedua, terjadi peningkatan lebih lanjut hingga mencapai rata-rata 88,42 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,20%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Geogebra mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pantai Labu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Dam p
Keywords: Geogebra; Cooperative learning; Think pair share; Pemahaman konsep; Bangun ruang; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 08:54
Last Modified: 21 May 2024 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57427

Actions (login required)

View Item
View Item