PENGARUH MEDIA LIVEWORKSHEETS PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Apriliani, Anggi (2023) PENGARUH MEDIA LIVEWORKSHEETS PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192131007_Cover.pdf] Text
4192131007_Cover.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4192131007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192131007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 4192131007_Abstrak.pdf] Text
4192131007_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192131007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192131007_Kata_Pengantar.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of 4192131007_Daftar_Isi.pdf] Text
4192131007_Daftar_Isi.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 4192131007_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192131007_Daftar_Tabel.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4192131007_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192131007_Daftar_Gambar.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 4192131007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192131007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4192131007_BAB_I.pdf] Text
4192131007_BAB_I.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of 4192131007_BAB_V.pdf] Text
4192131007_BAB_V.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4192131007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192131007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media liveworksheets pada materi struktur atom lebih tinggi daripada nilai KKM dan untuk mengetahui hubungan yang linier dan signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-3 sebanyak 36 orang yang di ambil dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah One-Group pretest – posttest Design dengan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Analisis data menggunakan uji t-satu pihak (One Sample T-Test) dan uji korelasi (Uji Corelate Bivariate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran Liveworksheest pada materi Struktur Atom lebih tinggi dari nilai KKM yakni 75. Dimana diperoleh hasil belajar siswa menggunakan media liveworksheets yaitu 84,17 dengan nilai thitung sebesar 7,23 > ttabel sebesar 2,03 dan nilai sig(0,000) < sig(0,05). 2) Hasil uji N-Gain yang dilakukan memperoleh score 0,77 dengan persentasenya sebesar 76,69% yang termasuk ke dalam kriteria tinggi. 3) Hasil motivasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,42 dengan persentase 3,42% yang berada pada rentang sangat tinggi. 4) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa dimana rhitung yaitu 0,564 > rtabel yaitu 0,329 dengan nilai sig(0,000) < sig(0,05). Serta terdapat hubungan yang linier antara motivasi dengan hasil belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi (R2 ) adalah 0.318 yang bermakna bahwa korelasinya rendah. Berdasarkan data hasil penelitian ini, penggunaan media Liveworksheets berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan membuat siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Liveworksheets, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Struktur Atom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 01:03
Last Modified: 22 May 2024 01:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57424

Actions (login required)

View Item
View Item