Apriliani, Anggi (2023) PENGARUH MEDIA LIVEWORKSHEETS PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192131007_Cover.pdf
Download (242kB)
4192131007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (554kB)
4192131007_Abstrak.pdf
Download (1MB)
4192131007_Kata_Pengantar.pdf
Download (848kB)
4192131007_Daftar_Isi.pdf
Download (475kB)
4192131007_Daftar_Tabel.pdf
Download (239kB)
4192131007_Daftar_Gambar.pdf
Download (413kB)
4192131007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (242kB)
4192131007_BAB_I.pdf
Download (547kB)
4192131007_BAB_V.pdf
Download (240kB)
4192131007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (412kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media liveworksheets pada materi struktur atom lebih tinggi daripada nilai KKM dan untuk mengetahui hubungan yang linier dan signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-3 sebanyak 36 orang yang di ambil dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah One-Group pretest – posttest Design dengan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Analisis data menggunakan uji t-satu pihak (One Sample T-Test) dan uji korelasi (Uji Corelate Bivariate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran Liveworksheest pada materi Struktur Atom lebih tinggi dari nilai KKM yakni 75. Dimana diperoleh hasil belajar siswa menggunakan media liveworksheets yaitu 84,17 dengan nilai thitung sebesar 7,23 > ttabel sebesar 2,03 dan nilai sig(0,000) < sig(0,05). 2) Hasil uji N-Gain yang dilakukan memperoleh score 0,77 dengan persentasenya sebesar 76,69% yang termasuk ke dalam kriteria tinggi. 3) Hasil motivasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,42 dengan persentase 3,42% yang berada pada rentang sangat tinggi. 4) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa dimana rhitung yaitu 0,564 > rtabel yaitu 0,329 dengan nilai sig(0,000) < sig(0,05). Serta terdapat hubungan yang linier antara motivasi dengan hasil belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi (R2 ) adalah 0.318 yang bermakna bahwa korelasinya rendah. Berdasarkan data hasil penelitian ini, penggunaan media Liveworksheets berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan membuat siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Liveworksheets, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Struktur Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:03 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57424 |