Laia, Katarina Karlina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191141032_Cover.pdf
Download (41kB)
4191141032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (823kB)
4191141032_Abstrak.pdf
Download (181kB)
4191141032_Kata_Pengantar.pdf
Download (657kB)
4191141032_Daftar_Isi.pdf
Download (65kB)
4191141032_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
4191141032_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
4191141032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
4191141032_BAB_I.pdf
Download (226kB)
4191141032_BAB_V.pdf
Download (34kB)
4191141032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (65kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learn-ing terhadap hasil belajar siswa pada materi sel. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Swasta Prayatna Medan tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini kelas XI IPA terdiri dari dua kelas yang diambil secara random sampling, yakni kelas eksperimen (dengan model PBL) dan kelas kontrol (dengan model DI). Penelitian ini menggunakan instrumen tes sebanyak 20 butir soal pilihan berganda. Data yang diperoleh berasal dari nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. uji normalitas data menggunakan SPSS dan uji homogenitas menggunakan SPSS dan uji F. Uji hipotesisis menggunakan uji t dengan nilai signifikan sebesar 0.00 ˂ α = 0.05 sehingga Ha diterima dan Ho di-tolak. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, perbedaan model pembelajaran yang digunakan secara keseluruhan menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL sebagai model eksperimen lebih baik dibandingkan dengan model pembela-jaran konvensional yang digunakan. Dengan kata lain, secara keseluruhan penggunaan model pembelajaran PBL mempunyai perbedaan yang sangat besar terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa pada materi sel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sel; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:42 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57422 |