PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN T.A 2023/2024

Laia, Katarina Karlina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191141032_Cover.pdf] Text
4191141032_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4191141032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191141032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of 4191141032_Abstrak.pdf] Text
4191141032_Abstrak.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4191141032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191141032_Kata_Pengantar.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 4191141032_Daftar_Isi.pdf] Text
4191141032_Daftar_Isi.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 4191141032_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191141032_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4191141032_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191141032_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4191141032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191141032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4191141032_BAB_I.pdf] Text
4191141032_BAB_I.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4191141032_BAB_V.pdf] Text
4191141032_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4191141032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191141032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learn-ing terhadap hasil belajar siswa pada materi sel. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Swasta Prayatna Medan tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini kelas XI IPA terdiri dari dua kelas yang diambil secara random sampling, yakni kelas eksperimen (dengan model PBL) dan kelas kontrol (dengan model DI). Penelitian ini menggunakan instrumen tes sebanyak 20 butir soal pilihan berganda. Data yang diperoleh berasal dari nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. uji normalitas data menggunakan SPSS dan uji homogenitas menggunakan SPSS dan uji F. Uji hipotesisis menggunakan uji t dengan nilai signifikan sebesar 0.00 ˂ α = 0.05 sehingga Ha diterima dan Ho di-tolak. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, perbedaan model pembelajaran yang digunakan secara keseluruhan menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL sebagai model eksperimen lebih baik dibandingkan dengan model pembela-jaran konvensional yang digunakan. Dengan kata lain, secara keseluruhan penggunaan model pembelajaran PBL mempunyai perbedaan yang sangat besar terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa pada materi sel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sel; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 21 May 2024 08:42
Last Modified: 21 May 2024 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57422

Actions (login required)

View Item
View Item