Pakpahan, Sahat Hasiholan (2023) Pengembangan E-Book IPA Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Literasi Siswa SMP. Masters thesis, UNIMED.
8206176007_Cover.pdf
Download (218kB)
8206176007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (883kB)
8206176007_Abstrak.pdf
Download (207kB)
8206176007_Kata_Pengantar.pdf
Download (305kB)
8206176007_Daftar_Isi.pdf
Download (357kB)
8206176007_Daftar_Tabel.pdf
Download (281kB)
8206176007_Daftar_Gambar.pdf
Download (278kB)
8206176007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (425kB)
8206176007_BAB_I.pdf
Download (470kB)
8206176007_BAB_V.pdf
Download (182kB)
8206176007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (402kB)
Abstract
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dimana aspek yang diukur adalah kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi. Raport pendidikan publik tahun 2022 yang merupakan out put dari pelaksanaan AKM yang dilaksanakan di tingkat satuan pendidikan masih menunjukkan hasil yang belum memuaskan. Salah satu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan adalah E-book IPA berorientasi AKM yaitu e-book yang berisi materi pelajaran IPA yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal AKM dengan konteks saintifik. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui desain e-book IPA berorientasi AKM yang dapat meningkatkan literasi siswa. 2. Mengembangkan dan menghasilkan e-book IPA berorientasi AKM yang bersifat valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan literasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Komponen pada desain e-book ini yaitu: Cover, Prakata, Daftar isi, KI dan KD, Video pembelajaran, AKM Awal, Materi IPA, Soal Bentuk AKM, Asesmen dalam bentuk AKM. Desain ini cukup efektif meningkatkan literasi siswa. Rata-rata hasil validasi dari kedua dosen ahli materi adalah 92,54 % dengan kategori sangat baik dan rata-rata hasil penilaian oleh 2 guru IPA adalah 92,75 % dengan kategori sangat baik, nilai N-gain score pada sekolah-1 adalah 0,72 dan N-gain score persen 72,14 % dan nilai N-gain score pada sekolah-2 adalah 0,71 dan N-gain score persen 71,30 %, nilai kepraktisan dengan nilai rata-rata persentase 89,65 dengan kategori baik sekali. Dengan demikian bahwa e-book IPA berorientasi AKM sudah layak digunakan sebagai bahan ajar yang memiliki kualitas valid, efektif dan Praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Pak a |
Keywords: | AKM, E-book, IPA, Literasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:30 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57420 |