Farhan, Muhammad Al (2023) Peran Guru PPKn Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Melalui Pendekatan Keteladanan Guru Di Madrasah Aliyah Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193311027_Cover.pdf
Download (60kB)
3193311027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (375kB)
3193311027_Abstrak.pdf
Download (438kB)
3193311027_Kata_Pengantar.pdf
Download (439kB)
3193311027_Daftar_Isi.pdf
Download (210kB)
3193311027_Daftar_Tabel.pdf
Download (262kB)
3193311027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (177kB)
3193311027_BAB_I.pdf
Download (338kB)
3193311027_BAB_V.pdf
Download (206kB)
3193311027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (416kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa melalui pendekatan keteladanan guru di Madrasah Aliyah Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara dan untuk mengetahui bentuk-bentuk keteladanan guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Madrasah Aliyah Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara terdapat peran guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa melalui pendekatan keteladanan guru. Guru PPKn dianggap bertanggung jawab dalam memberikan pemahaman mengenai prinsip-prinsip moral etika dan norma-norma sosial kepada siswa agar dapat menjadi warga negara yang baik disiplin dan bertanggung jawab. Selain itu guru PPKn juga berperan sebagai fasilitator yang mampu membentuk sikap dan perilaku yang baik terhadap siswa. Bentuk-bentuk keteladanan yang diterapkan oleh guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa di sekolah dengan menghadiri kelas tepat waktu, mengikuti peraturan sekolah, mengerjakan tugas dengan bertanggung jawab, menjaga integritas dan konsistensi dalam perilaku, sehingga siswa dapat melihat contoh yang baik dalam menjaga kedisiplinan. Dari 10 responden 8 diantaranya menyatakan bahwa guru PPKn memiliki peran serta keteladanan dalam membina kedisiplinan sementara itu 2 responden lain menyatakan bahwa peran dan bentuk keteladanan guru dalam membina kedisiplinan siswa dianggap tidak terlalu berperan dan belum sepenuhnya bisa menjadi teladan bagi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran, Kedisiplinan,Pendekatan, Keteladanan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:20 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57414 |