PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LINKTREE DENGAN METODE BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMPN 1 TAKENGON

Ayuniara, Rini (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LINKTREE DENGAN METODE BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMPN 1 TAKENGON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311055_Cover.pdf] Text
4193311055_Cover.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4193311055_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311055_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4193311055_Abstrak.pdf] Text
4193311055_Abstrak.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4193311055_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311055_Kata_Pengantar.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4193311055_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311055_Daftar_Isi.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 4193311055_BAB_I.pdf] Text
4193311055_BAB_I.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 4193311055_BAB_V.pdf] Text
4193311055_BAB_V.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4193311055_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311055_Daftar_Pustaka.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis Linktree dengan metode Blended Learning yang bersifat valid, praktis, efektif, dan mampu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kevalidan media dan materi yaitu 91,5% dan 88,5% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media melalui hasil angket respon guru diperoleh nilai kepraktisan 92% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket respon siswa diperoleh nilai 89,07% dengan kategori sangat praktis. Kemudian nilai keefektifan dilihat melalui uji keterbacaan media dan ketuntasan belajar klasikal serta hasil angket berfikir kreatif siswa diperoleh presentase 84,92%, 96,67% dan 82,83% dengan kategori sangat efektif. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif pada siswa, hasil diperoleh tingkat kemampuan berfikir kreatif siswa berada pada presentase 92,6% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan berdasarkan uji N-Gain nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 0,708 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan berfikir kreatif pada siswa dengan kategori tinggi. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif, serta mampu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Ayu p
Keywords: Media pembelajaran; Blended learning; Linktree; Berfikir kreatif; Platform digital; Persamaan linier dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 08:21
Last Modified: 21 May 2024 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57412

Actions (login required)

View Item
View Item