PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN ADOBE FLASH CS6 PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA

Sinaga, Richard Patrosza (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN ADOBE FLASH CS6 PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311042_Cover.pdf] Text
4193311042_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4193311042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4193311042_Abstrak.pdf] Text
4193311042_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193311042_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311042_Kata_Pengantar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 4193311042_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311042_Daftar_Isi.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193311042_BAB_I.pdf] Text
4193311042_BAB_I.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 4193311042_BAB_V.pdf] Text
4193311042_BAB_V.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 4193311042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika yang valid, praktis, dan efektif, sekaligus untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa setelah menggunakan bahan ajar tersebut. Instrumen
penelitian melibatkan lembar validasi materi dan media bahan ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), angket respon siswa dan guru, serta pretest dan posttest. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 14 Medan. Temuan penelitian meliputi: (1) Proses pengembangan buku digital yang valid, praktis, dan efektif dilakukan dengan metode 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Langkah-langkah ini dimulai dari analisis karakteristik dan
kebutuhan, kemudian solusi dirumuskan, dilanjutkan dengan perancangan dan pembuatan bahan ajar berbasis masalah menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional, dan tahap validasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan memiliki kualitas yang valid, praktis, dan efektif. (2) Terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan penalaran matematika siswa pada setiap indikator, dengan nilai N-gain rata-rata
siswa sebesar 0,736, menandakan peningkatan tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sin p
Keywords: Bahan ajar; Problem based learning; Penalaran matematik; Adobe flash CS6 profesional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 08:12
Last Modified: 21 May 2024 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57403

Actions (login required)

View Item
View Item