PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 MEDAN T.P 2023/2024

Sari, Oktri Indah (2024) PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193351025_Cover.pdf] Text
4193351025_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4193351025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193351025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 4193351025_Abstrak.pdf] Text
4193351025_Abstrak.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 4193351025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193351025_Kata_Pengantar.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4193351025_Daftar_Isi.pdf] Text
4193351025_Daftar_Isi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4193351025_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193351025_Daftar_Tabel.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4193351025_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193351025_Daftar_Gambar.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4193351025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193351025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4193351025_BAB_I.pdf] Text
4193351025_BAB_I.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4193351025_BAB_V.pdf] Text
4193351025_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4193351025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193351025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media canva terhadap hasil belajar IPA Materi wujud zat dan perubahannya siswa kelas VII MTs Negeri 2 Medan T.P 2023/2024. Jenis penelitian yang terapkan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yang melibatkan 2 kelas yakni kelas eksperimen (32 siswa) dan kelas kontrol (32 siswa) dengan teknik random sampling. Instrumen yag digunakan untuk mengukur variabel penelitian (hasil belajar) adalah instrument tes berupa tes objektif 20 soal yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan media canva mencapai 79,09 sedangkan nilai rata -rata posttest dari kelas kontrol hanya mencapai 68,90. Berdasarkan analisis statistik SPSS 22,0 for windows menggunakan independent sample t-test pada tingkat signifikansi(α) 0,05.Nilai signifikansi pretest adalah 0,728 > 0,005 sedangkan nilai signifikansi posttest adalah 0,000 < 0,005. Sesuai dengan ketetapan hipotesis Ha diterima apabila nilai Sig. (2-tailed) pretest tidak sama dengan nilai Sig. (2-tailed) posttest sehingga disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran canva terhadap hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 08:01
Last Modified: 21 May 2024 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57399

Actions (login required)

View Item
View Item