Rajagukguk, Ribka Sonya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMA NEGERI 1 SIMANINDO. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111028_Cover.pdf
Download (41kB)
4191111028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (112kB)
4191111028_Abstrak.pdf
Download (71kB)
4191111028_Kata_Pengantar.pdf
Download (141kB)
4191111028_Daftar_Isi.pdf
Download (85kB)
4191111028_BAB_I.pdf
Download (199kB)
4191111028_BAB_V.pdf
Download (129kB)
4191111028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (139kB)
Abstract
Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dalam proses pembelajaran, peneliti telah mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis Aplikasi Lectora Inspire. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk tersebut agar menjadi
lebih valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa. Peneliti merancang penelitian dan pengembangan ini dengan mengikuti model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Simanindo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Aplikasi Lectora Inspire yang telah dikembangkan memperoleh tingkat validitas yang tinggi, dengan persentase rata-rata 87,08% menurut ahli materi dan 89,61 menurut ahli media. Respons positif juga ditemukan dari guru dan siswa selama uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, dengan nilai rata-rata 92% dari guru,
94,6% dari kelompok kecil, dan 90,2% dari kelompok besar. Hal ini menunjukkan bahwa media ini sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, hasil penerapan media pembelajaran interaktif ini juga menunjukkan
keefektifannya. Tingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,67%, dan angket keefektifan mendapatkan persentase rata-rata sebesar 93,44%. Peningkatan pemahaman matematis siswa dapat dikategorikan sebagai peningkatan sedang. Berdasarkan data penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa. Dengan demikian, Penerapan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Raj p |
Keywords: | Media pembelajaran; Lectora inspire; Pemahaman matematis; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:54 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57387 |