Purba, Kevin Parbarita (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193151005_Cover.pdf
Download (218kB)
4193151005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (589kB)
4193151005_Abstrak.pdf
Download (378kB)
4193151005_Kata_Pengantar.pdf
Download (864kB)
4193151005_Daftar_Isi.pdf
Download (524kB)
4193151005_Daftar_Tabel.pdf
Download (350kB)
4193151005_Daftar_Gambar.pdf
Download (470kB)
4193151005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (351kB)
4193151005_BAB_I.pdf
Download (464kB)
4193151005_BAB_V.pdf
Download (204kB)
4193151005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (542kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi system peredaran darah. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMPN 6 Percut Sei Tuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut yang terdiri atas 5 kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simpel random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest kepada sampel. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov menunjukkan bahwa kedua sampel penelitian terdistribusi normal, dilanjutkan dengan uji Independent Sampel T-test. Hasil analisis uji Independent Sampel T-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi system peredaran darah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem based learning, hasil belajar kognitif, sistem peredaran darah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:49 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57385 |