PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN

Purba, Kevin Parbarita (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193151005_Cover.pdf] Text
4193151005_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4193151005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193151005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 4193151005_Abstrak.pdf] Text
4193151005_Abstrak.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 4193151005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193151005_Kata_Pengantar.pdf

Download (864kB)
[thumbnail of 4193151005_Daftar_Isi.pdf] Text
4193151005_Daftar_Isi.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 4193151005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193151005_Daftar_Tabel.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 4193151005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193151005_Daftar_Gambar.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of 4193151005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193151005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 4193151005_BAB_I.pdf] Text
4193151005_BAB_I.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 4193151005_BAB_V.pdf] Text
4193151005_BAB_V.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4193151005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193151005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi system peredaran darah. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMPN 6 Percut Sei Tuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut yang terdiri atas 5 kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simpel random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest kepada sampel. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov menunjukkan bahwa kedua sampel penelitian terdistribusi normal, dilanjutkan dengan uji Independent Sampel T-test. Hasil analisis uji Independent Sampel T-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi system peredaran darah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem based learning, hasil belajar kognitif, sistem peredaran darah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 07:49
Last Modified: 21 May 2024 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57385

Actions (login required)

View Item
View Item