PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SIATAS BARITA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Sihotang, Johan Petra (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SIATAS BARITA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193351014_Cover.pdf] Text
4193351014_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4193351014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193351014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 4193351014_Abstrak.pdf] Text
4193351014_Abstrak.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4193351014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193351014_Kata_Pengantar.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4193351014_Daftar_Isi.pdf] Text
4193351014_Daftar_Isi.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 4193351014_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193351014_Daftar_Tabel.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 4193351014_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193351014_Daftar_Gambar.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193351014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193351014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 4193351014_BAB_I.pdf] Text
4193351014_BAB_I.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4193351014_BAB_V.pdf] Text
4193351014_BAB_V.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4193351014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193351014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

PhET merupakan simulasi interaktif dengan gambar animasi, interaktif dan dibuat seperti permainan dimana siswa dapat belajar dengan bereksplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Siatas Barita Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen pembelajaran dan instrumen pengambilan data berupa tes tertulis dan angket. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Analysis Varians Multivarians (MANOVA). Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMP Negeri 1 Siatas Barita. Hasil analisis data yang dilakukan uji homogenitas matriks varian/kovarian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,414 yang artinya bersifat homogen yaitu tidak ada perbedaan matrik varian pada minat dan hasil belajar siswa kelas VIII-1 dan VIII- 2. Berdasarkan hasil analisis data Multivariate Test diperoleh nilai signifikansi untuk uji Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMPN 1 Siatas Barita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar, PhET Simulation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 07:42
Last Modified: 21 May 2024 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57380

Actions (login required)

View Item
View Item