Sihotang, Johan Petra (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SIATAS BARITA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193351014_Cover.pdf
Download (41kB)
4193351014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (726kB)
4193351014_Abstrak.pdf
Download (126kB)
4193351014_Kata_Pengantar.pdf
Download (279kB)
4193351014_Daftar_Isi.pdf
Download (173kB)
4193351014_Daftar_Tabel.pdf
Download (38kB)
4193351014_Daftar_Gambar.pdf
Download (36kB)
4193351014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (38kB)
4193351014_BAB_I.pdf
Download (202kB)
4193351014_BAB_V.pdf
Download (100kB)
4193351014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (274kB)
Abstract
PhET merupakan simulasi interaktif dengan gambar animasi, interaktif dan dibuat seperti permainan dimana siswa dapat belajar dengan bereksplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di SMPN 1 Siatas Barita Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen pembelajaran dan instrumen pengambilan data berupa tes tertulis dan angket. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Analysis Varians Multivarians (MANOVA). Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMP Negeri 1 Siatas Barita. Hasil analisis data yang dilakukan uji homogenitas matriks varian/kovarian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,414 yang artinya bersifat homogen yaitu tidak ada perbedaan matrik varian pada minat dan hasil belajar siswa kelas VIII-1 dan VIII- 2. Berdasarkan hasil analisis data Multivariate Test diperoleh nilai signifikansi untuk uji Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi Getaran dan Gelombang kelas VIII di SMPN 1 Siatas Barita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Discovery Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar, PhET Simulation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:42 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57380 |