PENGARUH E-MODUL BERBASIS PBL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM INDERA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEI RAMPAH

Mahyuni, Dini (2023) PENGARUH E-MODUL BERBASIS PBL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM INDERA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEI RAMPAH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193141035_Cover.pdf] Text
4193141035_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4193141035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4193141035_Abstrak.pdf] Text
4193141035_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193141035_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141035_Kata_Pengantar.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4193141035_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141035_Daftar_Isi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4193141035_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193141035_Daftar_Gambar.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4193141035_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193141035_Daftar_Tabel.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4193141035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193141035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4193141035_BAB_I.pdf] Text
4193141035_BAB_I.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 4193141035_BAB_V.pdf] Text
4193141035_BAB_V.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193141035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan E-modul pada materi sistem indera di kelas XI SMA Negeri 1 Sei Rampah. Penelitian ini dilakukan dengan quasi eksperimen dengan desain pretes-postes disalah satu SMA Negeri di Sei Rampah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas masing-masing terdiri dari 35 orang siswa. Kelas XI IPA-3 adalah kelas eksperimen yang menggunakan E-Modul berbasis PBL dan kelas XI IPA-1 adalah kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem indera. Data rata-rata pretes dan postes hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 44,48 dan 81,03 sedangkan kelas kontrol yaitu 45,26 dan 65,14. Data dianalisis dengan menggunkan uji-t. berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan E-Modul berbasis PBL terhadap hasil belajar siswa. Persentase peningkatan hasil belajar dengan Uji N-gain pada kelas eksperimen 65,12% dengan katagori sedang dan kelas kontrol adalah 35,52% dengan katagori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; Sistem indra; eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 21 May 2024 07:37
Last Modified: 21 May 2024 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57373

Actions (login required)

View Item
View Item