Pengembangan Modul Materi Teks Eksposisi di Kelas X Berdasarkan Pendekatan Problem Based Learning.

Ritonga, Syafriyana (2023) Pengembangan Modul Materi Teks Eksposisi di Kelas X Berdasarkan Pendekatan Problem Based Learning. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216192011_Cover.pdf] Text
8216192011_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8216192011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216192011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216192011_Abstrak.pdf] Text
8216192011_Abstrak.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 8216192011_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216192011_Kata_Pengantar.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 8216192011_Daftar_Isi.pdf] Text
8216192011_Daftar_Isi.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 8216192011_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216192011_Daftar_Tabel.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 8216192011_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216192011_Daftar_Gambar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8216192011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216192011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 8216192011_BAB_I.pdf] Text
8216192011_BAB_I.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 8216192011_BAB_V.pdf] Text
8216192011_BAB_V.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 8216192011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216192011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Materi Teks Eksposisi di Kelas X Berdasarkan Pendekatan Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi terhadap kelayakan isi memperoleh rata-rata 94,1% dengan kategori “Sangat baik” aspek kelayakan penyajian memperoleh rata-rata 87,5% dengan kategori “sangat baik” dan penilaian bahasa memperoleh rata-rata 87,5% dengan kategori “sangat baik”. Untuk penilaian kegrafikan oleh ahli desain diperoleh rata-rata 83,9 % dengan kategori “sangat baik”. Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap: pengujian individual, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba individu dengan rata-rata 86 % dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 87,4 % dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,3% dengan kategori sangat baik. Efektivitas bahan ajar diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. Skor rata-rata pada pretest 62 dan pada posttest 96. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks eksposisi berbasis pembelajaran pendekatan problem based learning layak, mudah, dan efektif untukdigunakan pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Labuhanbatu. Penelitian ini berimplikasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bahan ajar berbasis pendekatan problem based learning yang dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru. Bahan ajar berupa modul ini dapat menjadi bahan ajar tambahan untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi teks eksposisi yang diajarkan, memperkaya dan menambah pengetahuan siswa tentang teks eksposisi sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan memotivasi siswa, melatih siswa belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 808.066 Rit p
Keywords: Bahan Ajar Modul, Teks Eksposisi, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 07:34
Last Modified: 21 May 2024 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57368

Actions (login required)

View Item
View Item