Harianto, Budi (2023) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193351010_Cover.pdf
Download (479kB)
4193351010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (322kB)
4193351010_Abstrak.pdf
Download (577kB)
4193351010_Kata_Pengantar.pdf
Download (575kB)
4193351010_Daftar_Isi.pdf
Download (574kB)
4193351010_Daftar_Tabel.pdf
Download (552kB)
4193351010_Daftar_Gambar.pdf
Download (517kB)
4193351010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (520kB)
4193351010_BAB_I.pdf
Download (859kB)
4193351010_BAB_V.pdf
Download (595kB)
4193351010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (640kB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model project based learning (PjBL) pendekatan STEM terhadap literasi sains dan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan, dan (2) untuk mengetahui hubungan project based learning (PjBL) pendekatan STEM terhadap literasi sains dan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Harapan Medan. Desain penelitian menggunakan two group pretest-posttest design. Pengujian data dilakukan dengan Uji Manova, Uji Korelasi dan Uji N-gain. Hasil penelitian diperoleh : (1) Uji manova terdapat dua uji yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis terdapat pengaruh penggunaan model project based learning (PjBL) pendekatan STEM terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan di SMP Harapan Mekar Medan; (2) Uji korelasi menyatakan bahwa antara kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif memiliki hubungan pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VII SMP Harapan Mekar Medan; dan (3) Uji N gain menunjukkan adanya peningkatan 66% terhadap kemampuan literasi sains dan 51% terhadap berpikir kreatif melalui penerapan model PjBL pendekatan STEM pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VII SMP Harapan Mekar Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Project Based Learning (PjBL), STEM, Uji Manova, Uji Korelasi, Uji N-Gain, Literasi Sains dan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:25 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57364 |