PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP T.P 2022/2023

Harianto, Budi (2023) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193351010_Cover.pdf] Text
4193351010_Cover.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 4193351010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193351010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 4193351010_Abstrak.pdf] Text
4193351010_Abstrak.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 4193351010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193351010_Kata_Pengantar.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of 4193351010_Daftar_Isi.pdf] Text
4193351010_Daftar_Isi.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 4193351010_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193351010_Daftar_Tabel.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 4193351010_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193351010_Daftar_Gambar.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 4193351010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193351010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 4193351010_BAB_I.pdf] Text
4193351010_BAB_I.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of 4193351010_BAB_V.pdf] Text
4193351010_BAB_V.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 4193351010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193351010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (640kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model project based learning (PjBL) pendekatan STEM terhadap literasi sains dan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan, dan (2) untuk mengetahui hubungan project based learning (PjBL) pendekatan STEM terhadap literasi sains dan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Harapan Medan. Desain penelitian menggunakan two group pretest-posttest design. Pengujian data dilakukan dengan Uji Manova, Uji Korelasi dan Uji N-gain. Hasil penelitian diperoleh : (1) Uji manova terdapat dua uji yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis terdapat pengaruh penggunaan model project based learning (PjBL) pendekatan STEM terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan di SMP Harapan Mekar Medan; (2) Uji korelasi menyatakan bahwa antara kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif memiliki hubungan pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VII SMP Harapan Mekar Medan; dan (3) Uji N gain menunjukkan adanya peningkatan 66% terhadap kemampuan literasi sains dan 51% terhadap berpikir kreatif melalui penerapan model PjBL pendekatan STEM pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VII SMP Harapan Mekar Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Project Based Learning (PjBL), STEM, Uji Manova, Uji Korelasi, Uji N-Gain, Literasi Sains dan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 07:25
Last Modified: 21 May 2024 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57364

Actions (login required)

View Item
View Item