Br. Sihotang, Veny Rahmayani (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Berbantuan Book Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8216171002_Cover.pdf
Download (254kB)
8216171002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (477kB)
8216171002_Abstrak.pdf
Download (105kB)
8216171002_Kata_Pengantar.pdf
Download (136kB)
8216171002_Daftar_Isi.pdf
Download (96kB)
8216171002_Daftar_Tabel.pdf
Download (96kB)
8216171002_Daftar_Gambar.pdf
Download (91kB)
8216171002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (65kB)
8216171002_BAB_I.pdf
Download (850kB)
8216171002_BAB_V.pdf
Download (151kB)
8216171002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (444kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran problembased learning dengan berbantuan book creator untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa dengan
menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan book creator; 3) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta YWKA Medan tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan book creator untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan book creator yang telah dikembangkan; 3) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sih p |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Book Creator, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:19 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57360 |