Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Berbantuan Book Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa

Br. Sihotang, Veny Rahmayani (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Berbantuan Book Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216171002_Cover.pdf] Text
8216171002_Cover.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 8216171002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216171002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 8216171002_Abstrak.pdf] Text
8216171002_Abstrak.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 8216171002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216171002_Kata_Pengantar.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 8216171002_Daftar_Isi.pdf] Text
8216171002_Daftar_Isi.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 8216171002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216171002_Daftar_Tabel.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 8216171002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216171002_Daftar_Gambar.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 8216171002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216171002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8216171002_BAB_I.pdf] Text
8216171002_BAB_I.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of 8216171002_BAB_V.pdf] Text
8216171002_BAB_V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 8216171002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216171002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran problembased learning dengan berbantuan book creator untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa dengan
menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan book creator; 3) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta YWKA Medan tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan book creator untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan book creator yang telah dikembangkan; 3) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sih p
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Book Creator, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 07:19
Last Modified: 21 May 2024 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57360

Actions (login required)

View Item
View Item