Bahri, Nurul (2023) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN VIDEO EXPLAINER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311045_Cover.pdf
Download (78kB)
4193311045_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (93kB)
4193311045_Abstrak.pdf
Download (80kB)
4193311045_Kata_Pengantar.pdf
Download (181kB)
4193311045_Daftar_Isi.pdf
Download (115kB)
4193311045_BAB_I.pdf
Download (263kB)
4193311045_BAB_V.pdf
Download (77kB)
4193311045_Daftar_Pustaka.pdf
Download (286kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan melalui pendekatan realistic mathematics education berbasis etnomatematika berbantuan video explainer. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah dengan menerapkan pendekatan realistic mathematics education berbasis etnomatematika berbantuan video explainer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan pada semester ganjil T.A 2023/2024 yang berjumlah 28 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan pendekatan realistic mathematics education berbasis etnomatematika berbantuan video explainer pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Dimana tes kemampuan pemecahan masalah diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data menunjukkan: (1) Penerapan pendekatan realistic mathematics education berbasis etnomatematika berbantuan video explainer dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan, hal ini dapat di lihat dari hasil analisis data, dimana nilai rata-rata kelas pada tes awal adalah 56,78 meningkat menjadi 66,78 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,23 pada siklus II. Selain itu juga, diperoleh ketuntasan klasikal siswa pada tes awal sebanyak 4 siswa (14,28%), meningkat menjadi 14 siswa (50%) pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 25 siswa (89,28%) pada siklus II (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan menerapkan pendekatan realistic mathematics education berbasis etnomatematika berbantuan video explainer mengalami peningkatan dan menunjukkan proses jawaban siswa yang lebih baik pada setiap indikator kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu, untuk kedepannya mahasiswa diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan menerapkan realistic mathematics education berbasis etnomatematika berbantuan video explainer pada berbagai materi matematika dan memperhatikan kelemahan yang ada pada penelitian ini, sehingga penelitian yang dilakukan berikutnya menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Bah p |
Keywords: | Etnomatematika; Video explainer; Pemecahan masalah; Realistic mathematics education |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:10 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57352 |