Putri, Nur Icha (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111031_Cover.pdf
Download (198kB)
4193111031_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (418kB)
4193111031_Abstrak.pdf
Download (283kB)
4193111031_Kata_Pengantar.pdf
Download (348kB)
4193111031_Daftar_Isi.pdf
Download (302kB)
4193111031_BAB_I.pdf
Download (439kB)
4193111031_BAB_V.pdf
Download (278kB)
4193111031_Daftar_Pustaka.pdf
Download (331kB)
Abstract
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan software Geogebra untuk menguji peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang terkait dengan materi himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geogebra pada materi himpunan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geogebra pada kelas VII-6 SMP Negeri 17 Medan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana pada setiap akhir siklus siswa diberikan tes untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi ketuntasan belajar klasikal terdapat 8 siswa (27,59%), dan 21 siswa (72,41%) belum tuntas, dengan nilai rata – rata kelas 54,87. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, terdapat 21 siswa (72,41%) yang mencapai ketuntasan dan 8 siswa (27,59%) belum tuntas, dengan nilai rata – rata kelas 72,24. Tingkat persentase target keberhasilan siswa berdasarkan pada tes siklus II pemahaman konsep matematis telah mencapai ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 70% dengan KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII-6 SMP Negeri 17 Medan pada materi himpunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Put p |
Keywords: | Problem based learning; Geogebra; Pemahaman konsep matematis; Himpunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:02 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57346 |