Simarmata, Nilam Sari (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII-2 MTs NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4182111040_Cover.pdf
Download (60kB)
4182111040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (109kB)
4182111040_Abstrak.pdf
Download (80kB)
4182111040_Kata_Pengantar.pdf
Download (125kB)
4182111040_Daftar_Isi.pdf
Download (84kB)
4182111040_BAB_I.pdf
Download (204kB)
4182111040_BAB_V.pdf
Download (47kB)
4182111040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (126kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran matematika Articulate Storyline yang telah dikembangkan dan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa dalam
menyelesaikan permasalahan pada tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan Articulate Storyline. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTs Nurul Islam Indonesia Medan yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase validitas pengembangan media sebesar 85% sebelum revisi dan sebesar 98% setelah direvisi dari ahli materi serta sebesar 61,67% sebelum revisi dan sebesar 98% setelah direvisi dari ahli media, yang berada pada
kriteria sangat valid. Kepraktisan media telah memenuhi kriteria praktis, berdasarkan respon guru diperoleh persentase sebesar 100% dan dari respon siswa diperoleh
persentase sebesar 92,36%. Keefektifan media telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 86,67%, penggunaan waktu penelitian sesuai dengan RPP, dan respon siswa dengan persentase sebesar 91,67%. Dan hasil uji N-Gain yaitu 0,70 yang berada pada kategori tinggi. Untuk proses jawaban siswa pada tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis (pre-test) persentase sebesar 38,89% meningkat menjadi 46,67% pada tes kemampuan akhir pemahaman konsep matematis (post-test). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tersebut menjadi penguatan terhadap pengembangan media
pembelajaran matematika Articulate Storyline dalam proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sim p |
Keywords: | Articulate storyline; Pemahaman konsep matematis; Media pembelajaran; Bangun ruang sisi datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:55 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57341 |