PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN LIVEWORKSHEET BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII

Silitonga, Nenti (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN LIVEWORKSHEET BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111039_Cover.pdf] Text
4193111039_Cover.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4193111039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 4193111039_Abstrak.pdf] Text
4193111039_Abstrak.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 4193111039_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111039_Kata_Pengantar.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 4193111039_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111039_Daftar_Isi.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of 4193111039_BAB_I.pdf] Text
4193111039_BAB_I.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of 4193111039_BAB_V.pdf] Text
4193111039_BAB_V.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4193111039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan peneitian pengembangan untuk mengembangkan E-LKPD Interaktif berbasis Pendekatan Open-Ended yang valid, praktis, dan efektif yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE, dimana dalam proses terlaksananya terdiri atas lima tahap, yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Adapun instrument yang digunakan dalam mendukung penelitian adalah lembar validasi terhadap angket respon siswa dan guru, lembar validasi terhadap media dan materi, angket respon guru dan siswa, dan instrument tes kemampuan berpikir kreatif. Setelah E-LKPD Interaktif divalidasi oleh validator dan telah dinyatakan valid, selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar terhadap penggunaan E-LKPD Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-LKPD Interaktif dinyatakan valid dan layak digunakan dengan rata-rata kevalidan 3.58 oleh ahli media dan 3.66 oleh ahli materi dalam kategori sangat valid, 2)Kepraktisan E-LKPD Interaktif dinyatakan praktis jika rata-rata persentase kepraktisan mencapai 76%-100% memenuhi kriteria praktis, berdasarkan hasil respon guru terhadap angket respon adalah 92%, dan angket respon siwa dalam kelompok kecil dan kelompok besar adalah sebesar 93% dan 96% dalam kategori sangat praktis, 3)Keefektifan E-LKPD Interaktif dinyatakan dalam kategori efektif, terlihat dari: a)tercapainya ketuntasan klasikal sebesar 85.71%siswa tuntas, b)tercapainya masing-masing indikator, indikatir 1 sebesar 88.57%, indikator 2 sebesar 85.71%, indikator 3 sebesar 85.71%, dan indikator 4 sebesar 74.28%, c)respon positis siswa terhadap E-LKPD sebesar 96%, 4)Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dilihat dari nilai N-Gain pada masing-masing indikator, indikator pertama diperoleh sebesar 0.68 pada kategori sedang, indikator kedua diperoleh sebesar 0.62 pada kategori sedang, indikator ketiga diperoleh sebesar 0.64 pada kategori sedang dan indikator keempat sebesar 0.58 pada kategori sedang. Hasil peningkatan kemampuan berpikir kreatif secara keseluruhan diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0.63 dengan kategori sedang dengan rentang nilai 0.3 ≤ g ≤ 0.7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sil p
Keywords: E-LKPD interaktif; Pendekatan open-ended; Berpikir kreatif; Bahan ajar interaktif; Liveworksheet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 06:44
Last Modified: 21 May 2024 06:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57336

Actions (login required)

View Item
View Item