PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FISIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIREPRESENTASI DI SMA PADA MATERI LISTRIK STATIS

Astuti, Rika (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FISIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIREPRESENTASI DI SMA PADA MATERI LISTRIK STATIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121004_Cover.pdf] Text
4191121004_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4191121004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of 4191121004_Abstrak.pdf] Text
4191121004_Abstrak.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4191121004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121004_Kata_Pengantar.pdf

Download (928kB)
[thumbnail of 4191121004_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121004_Daftar_Isi.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 4191121004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121004_Daftar_Tabel.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4191121004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121004_Daftar_Gambar.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 4191121004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4191121004_BAB_I.pdf] Text
4191121004_BAB_I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4191121004_BAB_V.pdf] Text
4191121004_BAB_V.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4191121004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes dalam
pelajaran fisika untuk mengukur kemampuan peserta didik berbasis
multirepresentasi yang dilakukan di SMA dengan materi listrik statis. Penelitian
ini memiliki tujuan sebagai berikut 1) menganalisis nilai validitas instrumen tes
fisika untuk menilai keterampilan peserta didik berbasis multirepresentasi
terhadap materi listrik statis, 2) menganalisis nilai reliabilitas instrumen tes
fisika untuk menilai keterampilan siswa berbasis multirepresentasi terhadap
materi listrik statis, 3) menganalisis pemahaman konsep siswa pada instrumen
tes fisika untuk menilai keterampilan siswa berbasis multirepresentasi terhadap
materi listrik statis dan 4) mengevaluasi instrumen tes melalui hasil tanggapan
peserta didik instrumen tes fisika untuk menilai keterampilan siswa berbasis
multirepresentasi terhadap materi listrik statis. Penelitian ini dilakukan di SMA
Negeri 6 Pematangsiantar dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran
2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Reaserch and
Development) dengan menggunakan model pengembangan 3D. Populasi dalam
penelitian ini terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa 175 siswa kelas XII
IPA dan sampel yang digunakan dalam penelitiannya ini sebanyak 36 siswa dari kelas XII-IPA 3. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Penelitian dilakukan terhadap siswa yang telah mempelajari materi listrik statis. Teknik pengumpulan dilakukan dengan wawancara, tes, dan memberikan angket respon. Validitas ahli yang dilakukan diberikan kepada tiga orang penilai analisis data yang dilakukan dengan menggunakan persamaan korelasi person dengan tes diagnostik. Hasil penelitian ini merupakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan peserta didik berbasis multirepresentasi di SMA pada materi listrik statis sebanyak 20 butir soal diagnostik three tier multiple choice. Dari jumlah butir soal tersebut 16 soal sudah valid dan 4 soal tidak valid diukur dengan angka perkiraan product moment, memiliki tingkat reliabilitas tinggi dengan nilai 0,721. Berdasarkan hasil analisis responden yang mengikuti uji coba tes memiliki tingkat pemahaman konsep rendah dengan nilai 18% serta mengalami miskonsepsi sebesar 52% ditinjau dari hasil tingkat pemahaman konsep siswa. Hasil uji instrumen tes yang digunakan efektif dalam mengukur kemampuan peserta didik berbasis multirepresentasi di SMA pada materi listrik statis dan diterima baik oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Instrumen Tes, Kemampuan Peserta Didik, Listrik Statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:37
Last Modified: 21 May 2024 06:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57335

Actions (login required)

View Item
View Item