PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DENGAN MENGGUNAKAN ANDROID UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMA

Solin, Muhammad Fikri Sulaiman (2023) PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DENGAN MENGGUNAKAN ANDROID UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111057_Cover.pdf] Text
4191111057_Cover.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4191111057_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111057_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 4191111057_Abstrak.pdf] Text
4191111057_Abstrak.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4191111057_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111057_Kata_Pengantar.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 4191111057_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111057_Daftar_Isi.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 4191111057_BAB_I.pdf] Text
4191111057_BAB_I.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 4191111057_BAB_V.pdf] Text
4191111057_BAB_V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4191111057_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111057_Daftar_Pustaka.pdf

Download (306kB)

Abstract

Pada skripsi ini membahas tentang penelitian pengembangan soal berbasis higher order thinking skill (HOTS) dengan menggunakan android untuk mengukur memampuan berpikir kritis matematis siswa pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan T.A.2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan instrumen tes HOTS dan menghasilkan tes HOTS berbentuk uraian. Sehingga dapat di gunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model tsemmer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar validasi serta angket respons. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap prototype dan field tes dihasilkan instrumen tes yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan yaitu valid dan praktis. Instrumen tes dinyatakan valid dengan melihat nilai Va yang dihasilkan adalah 4,3 dengan kategori valid dan kepraktisannya dapat dilihat melalui respons siswa yang mencapai 87,5% dengan kriteria sangat praktis, sehingga menghasilkan instrumen tes yang baik dengan jumlah butir tes soal uraian sebanyak 7 butir soal yang selanjutnya soal itu diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai rata-rata adalah 67,2% yang berarti kemampuan berpikir kritis siswa di Kelas X Sma Swasta Methodist 7 Medan telah berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sol p
Keywords: Berpikir kritis; Android; Nilai mutlak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 06:00
Last Modified: 21 May 2024 06:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57329

Actions (login required)

View Item
View Item