Aprilia, Nurul (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191121014_Cover.pdf
Download (110kB)
4191121014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4191121014_Abstrak.pdf
Download (926kB)
4191121014_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4191121014_Daftar_Isi.pdf
Download (398kB)
4191121014_Daftar_Tabel.pdf
Download (646kB)
4191121014_Daftar_Gambar.pdf
Download (118kB)
4191121014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (518kB)
4191121014_BAB_I.pdf
Download (3MB)
4191121014_BAB_V.pdf
Download (372kB)
4191121014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model project based learning berbasis science. technology, engineering. mathematics (PjBL-STEM) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa serta hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan pemecahan masalah siSwa pada materi fluida statis_ Jenis penelitian ini quasi eksperimenr dengan desain penelitian control group pretest-postlest. Populasi penelitian seluruh siswa kelas Xl MAN 3 Langkat berjumlah delapan kelas. Pcngambilan sampcl secara simple random sampling, menggunakan tiga kelas, jumlah masing-masing 30 siswa. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I menggunakan PjBL-STEM, kelas Xl IPA 3 sebagai kelas eksperimen Il menggunakan PjBL dan kelas Xl IPA I sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensionaL Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif berjumlah delapan butir dan tes petnecahan masalah berjumlah lima butir bcrbcntuk uraian. Analisis data menggunakan uji anova satu jalur berbantuan SPSS_ Nilai rata-rata pretest kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen I (36,95), eksperimen Il (38, 13) dan kontrol (34,47). Nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen I (85,80), eksperimen Il (81, 72) dan kontrol (74,20). Nilai rata-rata prelesr kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen I (30,67), eksperimen Il (30, 13) dan kontrol (30,00). Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I (79,88), eksperimen Il (74,32) dan kontrol (65.64) Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Terdapat hubungan positif antara kemampuan berpikir kreatif dengan pemecahan masalah siswa (0,444) dengan kategori sedang_ Peningkatan N-gain kemampuan berpikir kleatif dan pemecahan masalah pada kelas eksperimen I, eksperimen Il dan kontrol berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | PjBL-STEM, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:22 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57328 |